Lewis Hamilton Pole F1 GP Arab Saudi, Max Verstappen Ketiga
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 5 Desember 2021 06:20 WIB
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton. Doc. Formula 1.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mengamankan pole position balap Formula 1 Grand Prix Arab Saudi Sabtu, 4 Desember 2021 waktu setempat. Hamilton mencatat waktu tercepat 1 menit 27,511 detik. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rekan satu tim Hamilton di tim Mercedes, Valtteri Bottas, finis kedua tercepat setelah mencatat waktu 1 menit 27,622 detik. Secara tim, posisi Bottas akan menguntungkan bagi Hamilton saat menjalani start. Max Verstappen (Red Bull), yang berpeluang mengunci gelar juara dunia akhir pekan ini di Jeddah, tampil paling cepat dari rival-rivalnya di upaya terakhirnya di babak kualifikasi.

Pembalap asal Belanda itu nyaris 0,2 detik lebih cepat dari catatan waktu Hamilton ketika melaju di dua sektor pertama tapi ia melewatkan kesempatan emas meraih pole position ketika ia menyenggol pagar pembatas di tikungan terakhir sehingga mengakhiri upayanya.Mobil Verstappen tampak mengalami kerusakan pada suspensi sebelah kanan belakang dan berhenti di tengah lintasan. 

Catatan waktu terbaik Verstappen cukup untuk menempatkannya di P3, namun ada kekhawatiran apakah ia mengalami kerusakan girboks karena kecelakaan tersebut, yang mana apabila ada pergantian komponen akan menyebabkan ia terkena penalti mundur lima posisi start.

Charles Leclerc finis P4 untuk Ferrari di saat pebalap Red Bull lainnya Sergio Perez harus puas di P5.

"Itu terlihat seperti lap terbaik tahun ini," kata bos tim Red Bull Christian Horner soal upaya terakhir Verstappen sebelum tabrakan.

"Lap yang sangat, sangat hebat. Dia tampil sangat mengejutkan."

Verstappen tampak tak senang dengan akhir sesi yang cukup menjanjikan itu.

"Saya tahu memiliki kecepatan dan itu terlihat pada akhirnya. Saya tidak terlalu mengerti apa yang terjadi tapi saya mendapati ban terkunci. Saya masih mencoba untuk menjaga mobil tetap di trek dan melaju tapi bagian belakangnya rusak dan harus berhenti," kata dia.

Hamilton mengejar hattrick setelah kemenangan di Brazil dan Qatar untuk memangkas jarak dari Verstappen dan ia merasa puas dengan hasil kualifikasi kali ini.

"Bagi kami mendapat satu-dua, saya sangat bangga dengan Valtteri dan para pria dan wanita di tim kami yang telah bekerja sangat keras. Ini adalah hasil yang luar biasa," kata Hamilton.

Pole itu merupakan yang ke-103 dalam karier pembalap Inggris dan kelima kali baginya musim ini.

Pierre Gasly meneruskan penampilan impresifnya dengan mobil AlphaTauri dan mengamankan P6 setelah mengalahkan pembalap McLaren Lando Norris.

Yuki Tsunoda membawa mobil AlphaTauri kedua di P8 di saat Esteban Ocon dan Antonio Giovinazzi melengkapi sepuluh besar untuk tim Alpine dan Alfa Romeo.

Daniel Ricciardo gagal mengikuti jejak rekan satu timnya di McLaren ke sepuluh besar dan harus puas dengan P11, di depan pembalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen.

Sementara Carlos Sainz secara mengejutkan tersingkir di Q2 setelah sempat kehilangan kendali mobil Ferrarinya dan mengalami sedikit kerusakan di sayap belakang karena menyenggol pagar pembatas. Pebalap Spanyol akan start P15 di balapan esok hari.Di seri ini, Lewis Hamilton tertinggal delapan poin dari Max Verstappen yang memuncaki klasemen. Verstappen akan mengunci gelar juara dunia Formula 1 musim ini jika mampu menambah minimal 18 poin. Baca juga: Lewis Hamilton Berpeluang Samai Poin Max Verstappen di GP Arab Saudi

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi