F1 GP Arab Saudi: Lewis Hamilton Didenda Rp 359 Juta
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 5 Desember 2021 06:34 WIB
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton. REUTERS/Peter Cziborra
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Mercedes Lewis Hamilton lolos dari hukuman penalti dan hanya dihukum denda karena dinilai menghalangi pembalap lain saat latihan bebas terakhir balap mobil Formula 1 Arab Saudi, Sabtu, 4 Desember 2021. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Steward menilai pembalap Inggris itu menghalangi laju Nikita Mazepin yang melaju kencang dan membuat pembalap asal Rusia itu melakukan manuver untuk menghindari tabrakan. 

Atas insiden ini, steward menegur Hamilton dan menjatuhkan denda sebesar US$ 25.000 atau setara Rp 359,9 juta (kurs saat ini US$ 1 = Rp 14.397). 

Keputusan itu menjauhkan Hamilton dari ancaman penalti grid di balapan penultima musim tersebut, yang dibutuhkan oleh pembalap Inggris untuk mengincar kemenangan demi mengubah defisit delapan poin dari pemuncak klasemen sementara Max Verstappen (Red Bull).

Pasalnya Verstappen berpeluang mengunci gelar juara dunia pertamanya di Jeddah apabila sang pebalap Red Bull mencetak 18 poin lebih banyak dari Hamilton di Sirkuit Corniche pada Minggu nanti.

Direktur balapan Michael Masi, berbicara dengan tim Haas saat sesi latihan, mengakui kurangnya bendera putih yang dikibarkan sebagai peringatan bagi Hamilton atas adanya pembalap Rusia yang melaju kencang dari belakang.

Mercedes memperingati Hamilton lewat radio tapi sudah terlambat baginya untuk menghindar.

Hamilton juga dipanggil menghadap steward karena dianggap gagal mematuhi peringatan bendera kuning ganda namun steward pada akhirnya tidak mengambil tindakan lebih lanjut.

Mereka mengatakan lampu peringatan bendera kuning ganda dari sistem marshal diaktifkan secara tidak sengaja kurang dari satu detik dan tidak ada bendera maupun lampu kuning yang dinyalakan untuk pembalap, demikian Reuters.Baca juga: Lewis Hamilton Diisukan Tak Nyaman Balapan di Formula 1 Arab Saudi

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi