Al-Attiyah dari Qatar Menangkan Etape 1 Reli Dakar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 4 Januari 2009 14:38 WIB

TEMPO Interaktif, Buenos Aires: Pembalap Qatar, Nasser al-Attiyah, memenangkan etape pertama Reli Dakar yang berlangsung di Argentina dan Cile pada Sabtu (3/1).

Berpasangan dengan Tina Thorner, mobil BMW X3 yang dikendarai al-Attiyah menyelesaikan etape khusus sepanjang 171 kilometer dengan waktu 02 jam, 36 menit, 15 detik.

"Ini rute yang cukup mudah, tapi tetap saja kami terhitung cepat," kata al-Attiyah, juara bertahan Uni Emirat Arab Challange itu. "Bagaimanapun, saya masih belum merasa mesti memaksakan diri selama balapan."

Semula pembalap BMW lain, Guerlain Chicherit, paling cepat masuk ke pos tiga tapi mobilnya terguling. Ia tidak yakin apakah bisa melanjutkan balapan.

Nasib sial juga dialami Hiroshi Masuoka, dua kali juara Reli Dakar. Mitsubishi yang ia kendarai mengalami masalah mesin dan mesti diderek. Ia hampir delapan jam lebih lambat dari al-Attiyah.

Alhasil, yang menduduki peringkat kedua adalah Carlos Sainz dengan selisih 2 menit 17 detik di belakang al-Attiyah. Selisih dua menit dari Sainz, berada di posisi tiga, adalah Giniel de Villiers dari Afrika Selatan dan Mark Miller dari Amerika Serikat.

Mitsubishi, yang merajai reli ini sejak 2001, memang sial. Luc Alphand, juara 2006, berada di posisi lima dari juara bertahan Stephane Peterhansel tempat keenam.

Untuk kategori sepeda motor, Marc Coma dari Spanyol juara pertama. Juara bertahan Cyril Despres berada di posisi dua karena ban belakang pecah sehingga sampai garis finis dengan pelek saja. Sedang rekan senegara yang menjadi peringkat dua pada 2007, David Casteu, bannya sobek sebelum bisa diganti. Casteu terlambat hampir empat jam.

Despres mengatakan, "Saya lebih suka awal yang senang saat di Dakar."AP/NURKHOIRI

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi