Penjualan Mobil Jepang Terendah dalam 34 Tahun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 5 Januari 2009 15:50 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Penjualan mobil baru di Jepang jatuh ke tingkat terendah dalam tiga dekade pada tahun 2008 saat resesi menghantam perekonomian terbesar Asia itu. Hal ini menambah tekanan pada raksasa otomotif Jepang, kata salah satu industri mobil Senin.

Penjualan dalam negeri, di luar kendaraan mini, jatuh 6,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 3,2 juta unit, kata Asosiasi Penjual Mobil Jepang.

Angka itu merupakan tingkat terendah sejak 1974 yang dibayangi guncangan harga minyak, ketika pabrikan mobil menjual 3,1 juta kendaraan.

Penjualan memburuk di akhir tahun. Pada bulan Desember sendiri penjualan turun 22,3 persen dari tahun sebelumnya ke 183.549 kendaraan.

Pasar mobil Jepang telah menyusut dalam beberapa tahun terakhir karena banyak orang muda menjauhkan diri dari memiliki mobil, khususnya di kota-kota, karena tingkat gaji yang melempem dan biaya operasional yang tinggi.

Penurunan ekonomi global telah berdampak buruk pada pabrikan Jepang yang pendapatannya sangat tergantung dari ekspor.

Pabrikan utama Jepang, Toyota Motor Corp, bulan lalu memperkirakan kerugian operasional 150 miliar yen (US$ 1,6 miliar) untuk tahun anggaran yang berakhir Maret 2009. Kerugian ini merupakan yang pertama bagi Toyota.

Honda Motor Co dan Nissan Motor Co juga dihatantam oleh penurunan pendapatan, meski mereka masih lebih baik dari saingan AS-nya, yang berupaya mencari dana talangan dari pemerintah untuk menghindari kebangkrutan.

AFP/ERWIN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi