Porsche Ambil Alih Volkswagen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 Januari 2009 14:55 WIB

TEMPO Interaktif, Frankfurt: Pembuat mobil sport mewah Jerman, Porsche, telah mengambil alih Volkswagen, produsen mobil terbesar Eropa, setelah membeli lebih dari 50 persen saham VW. Porsche mengatakan hal ini pada  Senin malam.

Dalam pernyataan singkatnya, Porsche mengatakan dengan membeli saham VW terbaru itu, ia meningkatkan pemilikannya menjadi 50,76 persen saham perusahaan, meningkat dari 42 persen sebelumnya.

Akibatnya, Porsche sekarang diwajibkan oleh hukum Swedia untuk menawarkan sahamnya di perusahaan truk berat Scania, di mana VW adalah pemegang saham yang dominan.

Akan tetapi, Porsche akan menawarkan harga minimum untuk saham Scania dan tidak memiliki kepentingan strategis dalam perusahaan itu, kata pernyataan itu.

Porsche awalnya berencana untuk membeli lebih dari 50 persen saham VW tahun lalu, namun terpaksa menundanya setelah nilai saham VW melonjak di tengah spekulasi pasar saham.

Pada hari Senin, saham VW ditutup pada 254,74 euro, dekat dengan rentang yang ditetapkan Porsche untuk dirinya antara 200-250 euro.

VW mengatakan pada bulan Agustus telah melampaui Ford menjadi produsen mobil terbesar ketiga dunia di belakang General Motors dan Toyota.AFP/ERWIN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi