Suku Bunga Kredit Mobil Belum Banyak Turun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 8 Januari 2009 17:13 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Suku bunga Bank Indonesia sudah diturunkan dan sebagian industri otomotif telah mengantisipasi hal itu dengan menurunkan suku bunga kredit atau leasing, bahkan sebelum suku bunga Bank Indonesia diturunkan.

Indomobil, distributor utama produk Suzuki menyatakan rekanan utamanya dalam penjualan secara kredit, Bank Central Asia sudah memberlakukan suku bunga baru sejak awal pekan ini, dua hari sebelum Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan.

“Turun satu persen,” ungkap seorang staf Indomobil di pusat penjualan Suzuki di Jl Daan Mogot Jakarta hari ini. Staf yang menolak dipublikasikan itu mengatakan “untuk passenger car (mobil penumpang), rate-nya sekarang 6,5 (persen untuk masa kredit satu tahun), 7,5 (persen untuk dua tahun), 8,5 (persen untuk jangka waktu tiga tahun). Yang dikategorikan mobil penumpang adalah Suzuki APV, Swift dan SX4.

Untuk merek Toyota, sales executive Auto 2000, Eka Purnama, mengatakan bunga kredit belum berubah, Eka mengacu pada suku bunga yang ditetapkan dua perusahaan pembiayaan Astra yaitu Toyota Astra Finance dan Astra Credit Company. Daftar yang ditunjukkan oleh Toyota memperlihatkan suku bunga kredit untuk uang muka 15 persen, adalah 8,55 persen untuk jangka waktu pembayaran satu tahun, 9,29 persen untuk masa dua tahun, dan 9,76 persen untuk masa tiga tahun. Sedangkan untuk uang muka 20 persen suku bunga kredit untuk semua jangka waktu kredit lebih rendah rata-rata 0,1 persen.

Menurut Eka suku bunga kredit dari Astra Credit Company lebih tinggi, dan itu dikorfirmasi oleh staf perusahaan itu. Seorang staf yang menolak identitasnya dipublikasikan mengatakan suku bunga dari Astra Credit Company belum berubah. Suku bunga saat ini yang berlaku sejak Desember lalu adalah 8,8 persen untuk masa kredit 1 tahun, 9,9 persen untuk masa kredit dua tahun, dan 10,85 persen untuk masa kredit tiga tahun. Staf itu mengatakan perusahaannya akan melakukan penyesuaian suku bunga pada akhir pekan ini.

Daihatsu juga mengungkap suku bunga kredit kendaraannya belum berubah setelah Bank Indonesia memotong suku bunga acuannya. Saat ini menurut seorang sales counter Daihatsu suku bunga kredit untuk jenis Xenia “satu tahun 7,05 persen, dua tahun 8,15 persen, tiga tahun 8,95 persen, dan empat tahun 10,65 persen.”

RONALD

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi