Sirkuit Mandalika Bersiap Menyambut Tes Pramusim MotoGP 2022
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 1 Januari 2022 10:50 WIB
Sirkuit Mandalika, Desember 2021. (ITDC)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, mengingatkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam gelaran balap MotoGP di Sirkuit Mandalika untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sirkuit ini dijadwalkan akan menggelar tes resmi pramusim tim MotoGP pada 11-13 Ferbuari 2022. Kemudian dilanjutkan dengan seri kedua MotoGP pada 18-20 Maret 2022. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Persiapan pre-season balapan MotoGP pada minggu kedua Februari sangat critical karena selain logistik yang lebih besar, pembalap dan timnya akan menguji sirkuit baru sehingga kesiapan ini akan menentukan suksesnya balap MotoGP," kata Zulkieflimansyah saat rapat koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui daring di ruang kerja Gubernur, Jumat 31 Desember 2021.

Gubernur meminta koordinasi intensif para stakeholder terkait evaluasi dan pembenahan. Misalnya host balapan yang sudah tidak lagi dipegang oleh Mandalika GrandPrix Association tapi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). ''Sehingga koordinasi soal marshall balapan seperti di World Superbike (WorldSBK) kemarin harus dibahas lagi," ujar dia.

Gubernur juga memastikan pembenahan infrastruktur lingkar sirkuit, termasuk pelebaran jalan dan penataan kawasan, kesiapan destinasi pariwisata, akomodasi, transportasi dan promosi mengingat dampak gelaran MotoGP bagi pariwisata NTB dan Indonesia. Namun demikian, ia mengingatkan pelaku bisnis mulai dari perjalanan wisata sampai hotel memanfaatkan peluang dan tetap menjaga citra pelayanan prima.

"Rate harga tidak terlampau mahal tapi harus menguntungkan untuk bisnis lokal, begitu juga dengan masyarakat kita," ucapnya.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizky Handayani mengatakan, ketujuh deputi kementerian siap membantu penyelenggaraan MotoGP. "Ini akan menjadi pembelajaran bagi masyarakat NTB karena kompleksitas kegiatan MotoGP, termasuk juga persiapan tenaga yang akan terlibat," ujar Rizky.

Ia menambahkan bahwa seluruh aspek persiapan mulai side event dan main event juga melibatkan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola kawasan agar tanggungjawab terdistribusi dengan baik seperti manajemen tiket, fasilitas penonton dan penyelenggaraan kegiatan utama pada 20 Maret 2022.

Begitupula dengan lima desa wisata prioritas lingkar Mandalika yakni Sade, Sengkol, Prabu, Mertak dan Sukaraja telah disiapkan program pendampingan tinggal teknis promosi agar wisatawan datang dalam paket tour.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, menjelaskan pihaknya tengah mengerjakan tribun penonton Grandstand premium dan reguler berkapasitas 27.690 tempat duduk, VIP Village berkapasitas 2.128 tempat duduk serta penambahan area paddock. Sedangkan tiket rencananya akan dijual terpusat di ITDC melalui salah satu retail ternama.

"Jumlahnya diproyeksikan 63.834 tiket per hari untuk tiga hari penyelenggaraan," ucap Arie.

Sirkuit Mandalika menjadi sorotan internasional setelah sukses menggelar seri terakhir WorldSKB pada 18-19 November lalu. Meski sempat terganggu dengan hujan deras, tetapi mayoritas pembalap WorldSBK memuji lintasan sirkuit yang dinilai memiliki daya cengkeram sangat baik saat hujan deras mengguyur. 

SUPRIYANTHO KHAFID

Baca juga: Jelang Tes Pramusim MotoGP, ITDC Benahi Fasilitas Pendukung Sirkuit Mandalika

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi