Tahun 2009 Dimulai dengan SUV
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 Januari 2009 13:23 WIB
digiads.com.au

TEMPO Interaktif, Jakarta: Apa model kendaraan yang bakal menjadi incaran pada 2009? Sedan? Multi-purpose vehicle (MPV)? Sport utility vehicle (SUV)? Sepertinya bisa jadi yang terakhir. Setidaknya, baru satu pekan 2009 berjalan, sudah ada agen tunggal pemegang mereka yang meluncurkan model terbaru mobil macho ini ke pasar.

PT Nissan Motor Indonesia menjadi agen tunggal pemegang merek pertama yang memperkenalkan produk barunya, yaitu Nissan X-Trail Xtronic CVT. Sebenarnya ini bukan produk anyar, hanya pengembangan dari varian sebelumnya. Bahkan model ini sebenarnya direncanakan meluncur pada Desember tahun lalu sebelum ditunda pada pekan pertama Januari ini.

Tampilan luarnya tak ada beda dengan model yang diperkenalkan di The 16th Indonesia International Motor Show pada Juli tahun lalu. Yang membedakan adalah penempatan emblem Xtronic CVT dan tulang pada grill yang mengikuti warna bodi.

Platform X-Trail baru ini mengalami pengembangan dari T30, yang diandalkan pada 2.0L transmisi manual, menjadi T31. Hasil kerja sama Nissan dengan Renault. Suspensi tetap mengandalkan multi-link, tapi kali ini teknologi pembuat shock breaker dari Jerman, Sachs, menambah teknologi Subframe.Caster geometry juga mengalami perubahan dengan sudut (angle) lebih besar, sedangkan bagian belakang lebih landai. Perubahan ini membuat mobil tak cuma nyaman, tapi juga lebih stabil di jalan yang kurang bagus. Sudut peredam kejut yang landai makin membuat ruang bagasi lebih luas.

Di dapur mesin, X-Trail diperkuat mesin MR20DE berkapasitas 2.000 cc 4 silinder in-line DOHC. SUV ini dilengkapi sistem transmisi Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission), yang diandalkan untuk menarik penggemar SUV di Indonesia. Sebelumnya, X-Trail bermesin 2.000 liter hanya menggunakan transmisi manual.

Soal banderol, yang bertransmisi manual dilansir pada harga Rp 265 jutaan, sedangkan yang transmisi XTronic CVT sebesar Rp 285,9 juta dengan target penjualan 100-200 unit setiap bulan.Langkah pertama sudah dimulai Nissan. Sekarang tinggal kita tunggu siapa yang menyusul.

RAJU FEBRIAN

Memang tidak semua agen tunggal pemegang merek berencana melansir SUV baru. PT Honda Prospect Motor, misalnya, masih akan mempertahankan Honda CR-V, yang sepanjang tahun lalu terjual 17.800 unit. Lalu apa saja SUV lainnya? Inilah beberapa mobil penjelajah yang rencananya akan dilansir tahun ini.Audi Q5SUV kompak mewah dari Audi ini akan meramaikan pasar Indonesia pada sekitar April 2009. Ini benar-benar produk baru karena sebelumnya SUV Audi yang ada adalah sang "kakak", Audi Q7. Rencana yang masuk, mobil ini diperkuat mesin bensin 2.000 cc turbo FSI seperti yang digunakan Audi TT dan A3 Sportback. Harga? Sekitar Rp 800 juta.

Chevrolet CaptivaGelombang krisis keuangan yang melanda General Motors Corp ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap pasar Asia-Pasifik. Buktinya, penjualan di wilayah ini berkembang 2,7 persen dibanding pada tahun lalu menjadi 1.475.093 unit. Penyegaran Chevrolet Captiva bakal dilakukan untuk mendorong penjualan produk SUV mereka ini.

Ford EverestSetelah memperkenalkan Ford New Escape akhir tahun lalu, PT Ford Motor Indonesia berencana menyempurnakan pikapnya, Ford Renger, pada 2009. Nah, penyempurnaan pada tubuh Ranger juga akan diikuti oleh "saudara"-nya yang ada di kelas SUV, yakni Ford Everest.

Foton MidiPabrikan asal Cina terus melakukan penetrasi di pasar Indonesia. PT Foton Mobilindo berencana membawa SUV dengan nama Midi. SUV serbaguna yang memiliki tampilan yang menawan ini dipastikan juga akan menghiasi jalanan Indonesia di akhir 2009 mendatang.

Mitsubishi Pajero SportPT Krama Yudha Tiga Berlian, pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, mengatakan akan melansir SUV bermesin diesel pada Juni nanti. Meski masih merahasiakan namanya, diperkirakan yang masuk Pajero Sport, yang juga dikenal dengan nama Mitsubishi Nativa, Montero Sport, Mitsubishi Challanger, dan Mitsubshi Endeavor.

Suzuki Grand VitaraSaat ini Suzuki Grand Vitara hanya memiliki satu varian, yang diperkuat mesin 2.0 liter. Ini pun sudah dua tahun tanpa ada perubahan. Untuk model barunya, yang bakal diperkenalkan pada triwulan pertama di tahun ini, PT Suzuki Indomobil Motor akan melengkapi dengan mesin berkapasitas 2.4 liter.Toyota Fortuner D-4D A/TVarian terbaru SUV tangguh Toyota ini juga akan segera meramaikan pasar otomotif Indonesia pada pertengahan 2009. Saat ini Fortuner memiliki empat varian: 3 bensin bertransmisi otomatis dan mesin 2.7L plus 1 model bermesin diesel 2.5L dengan transmisi manual. Model otomatis ini akan dilansir pada harga Rp 350 juta.Toyota RushModel terakhir Rush diperkenalkan pada awal 2007. SUV 1.500 Toyota ini belum mengalami perubahan. Padahal di Jepang, Rush sudah didandani sekitar November 2008. Rencananya, pada semester kedua, Toyota Astra Motor akan menyegarkan mobil lima penumpang ini, terutama di sisi eksterior. Mesin? tetap sama.

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi