Carlos Sainz Kuasai Etape Sembilan Reli Dakar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 13 Januari 2009 08:25 WIB

TEMPO Interaktif, Copiapo: Dua kali juara dunia reli, Carlos Sainz dari Spanyol, terus memperbesar jarak dengan pesaingnnya di Reli Dakar untuk kategori mobil. Ia memenangkan Etape Sembilan yang berlangsung di Cile, Senin (12/), sekaligus membuat jarak keseluruhan dengan pesaing terdekatnya menjadi 19 menit lebih.

Ini adalah kemenangan berturut-turut ketiga Sainz di Reli Dakar 2009 dan membuatnya berada di puncak klasemen keseluruhan. Pesaing terkuat dalam di awal reli, Nasser al-Attiyah, sudah menghentikan balapan karena masalah mesin beberapa hari lalu.

Sainz menempuh jarak jalur khusus Etape Sembilan sepanjang 449 kilometer itu dalam waktu 05 jam, 56 menit, 08 detik. Pesaing terdekatnya, Mark Miller dari Amerika Serikat yang sama-sama menggunakan mobil VW, berada 1 menit 47 detik lebih lambat.

Posisi dua pada Etape Sembilan ini membuat Miller naik ke posisi dua juga di klasemen keseluruhan. Miller menggeser pereli Afrika Selatan, Giniel De Villiers, yang kehilangan waktu 12 menit 1 detik akibat tersesat di kilometer 80.

Etape ini memang sulit. Tidak hanya membuat De Villiers tersesat tapi juga diakui oleh Sainz. "Jalur khususnya sangat sulit, sulit, sangat sulit," kata Sainz. "Banyak batu dan mudah tersesat. Sangat rumit. Bisa sampai finis saja sudah keberhasilan. Bisa finis tanpa masalah sama sekali sudah keberhasilan."AFP/NURKHOIRI

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi