Verhoeven Juarai Etape IX Reli Dakar Kelas Sepeda Motor
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 13 Januari 2009 09:02 WIB

TEMPO Interaktif, Copiaco:Pembalap Belanda Frans Verhoeven memenangkan Etape IX Reli Dakar yang berlangsung Senin (12/1) di Cile untuk kelas sepeda motor. Meski begitu, Marc Coma dari Spanyol yang sampai di urutan empat tetap menguasai klasemen keseluruhan.

Bagi Verhoeven, yang secara keseluruhan berada di peringkat delapan, ini adalah kemenangan kedua pada Reli Dakar 2009. Sebelumnya ia juga menang di Etape II.

Verhoeven mengatakan di awal lomba agak sulit karena matahari langsung menerpa matahari serta banyaknya debu dan kabut di pegunungan. Saat itu ia mengambil taktik main aman. "Tapi setelah itu, setelah saya bisa melihat lebih jelas, saya memacu kendaraan," katanya.

Di etape ini maupun keseluruhan, posisi dua diduduki pembalap Prancis David Fretigne. Fretigne ini mengendarai Yamaha--satu-satunya sepeda motor di luar KTM yang masuk lima besar baik di Etape IX maupun keseluruhan.

Fretigne mengatakan Etape IX ini sangat berat karena etape khususnya sangat panjang, 430 kilometer. "Ini etape yang menantang navigasi dan sangat sulit," katanya. "Semua ada di etape ini dan tidak memberi ruang untuk kesalahan."

Fretigne cukup puas berada di posisi dua, apalagi ia melihat banyak pesaingnya yang tersesat. Apalagi ia merasa titik lemah kemampuannya ada pada navigasi dan karena pada etape ini ia tidak tersesat, katanya, "Ini bukan hal buruk."AFP/NURKHOIRI

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi