Begini Cara Kerja Teknologi Blue Core Hybrid Yamaha Fazzio
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 18 Januari 2022 17:25 WIB
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan skuter matik baru bergaya retro modern bernama Yamaha Fazzio pada Senin, 17 Januari 2022. Skuter ini punya tampilan klasik modern dan desainnya dibuat sederhana untuk menyesuaikan pengguna yang berasal dari generasi muda. FOTO: Yamaha Indonesia

GOOTO.COM, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan skuter matic terbaru mereka, yakni Yamaha Fazzio. Skuter 125cc ini merupakan skuter pertama di kelasnya yang mengusung teknologi hybrid, yakni teknologi Blue Core Hybrid.

Namun teknologi hybrid yang digunakan pada Yamaha Fazzio ini berbeda dengan teknologi hybrid pada umumnya atau yang digunakan pada Honda PCX e:HEV. Pada Blue Core Hybrid ini, terdapat dua sumber tenaga yang saling terintegrasi, yakni tenaga dari mesin dan tenaga dari Electric Power Assist Start.

Fungsi teknologi ini hanya untuk menambahkan tenaga pada mesin dan juga membuat mesin menjadi lebih ramah lingkungan. Bahkan teknologi hybrid pada Fazzio ini diklaim membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus, terutama saat membawa penumpang, barang, atau saat kondisi jalan menanjak.

"Teknologi baru Yamaha Blue Core Hybrid yang baru saja diadaptasi pada model baru ini guna mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar dan performa berkendara," kata President Director & CEO PT YIMM Minoru Morimoto dalam siaran pers yang diterima Tempo, Senin, 17 Januari 2022.

Electric Power Assist Start pada teknologi hybrid yang bersumber dari daya baterai (aki) diklaim Yamaha dapat membantu tarikan mesin pada tiga detik pertama. Tiga detik awal ini disebut-sebut sebagai momen di mana motor membutuhkan daya yang lebih besar untuk berakselerasi.

Setelah tiga detik pertama, sistem hybrid ini tidak akan bekerja lagi dan hanya akan bekerja saat motor membutuhkan tenaga yang lebih atau saat gas ditarik. Saat motor menyala, Electric Power Assist Start ini akan diisi ulang dayanya menggunakan komponen Smart Motor Generator (SMG).

Sebagai informasi, Yamaha Fazzio Hybrid Connected ini dibekali mesin 125cc silinder tunggal yang mampu menghasilkan tenaga 6,2 kW atau setara dengan 8,3 HP pada putaran mesin 6.500 rpm. Sementara untuk torsinya sebesar 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Skuter yang menjadi pesaing untuk Honda Scoopy ini tersedia dalam dua tipe, yakni Fazzio Neo dan Fazzio LUX. Untuk tipe Neo tersedia dalam empat pilihan warna, Cyan, Red, Beige, dan Black. Sedangkan tipe LUX hadir dalam dua warna spesial, yaitu Prestige Silver dan Matte Black.

Soal harga, Yamaha Fazzio dijual dengan harga Rp 21,7 juta OTR Jakarta untuk tipe Neo dan Rp 22 juta OTR Jakarta untuk tipe LUX. Harga tersebut tidak terpaut jauh dari Honda Scoopy yang saat ini dipasarkan dengan harga Rp 20.4755.000 untuk tipe Fashion dan Sporty, serta Rp 21.275.000 untuk tipe Prestige dan Stylish.

Baca juga: Ini Yamaha Fazzio, Skuter Matik Hybrid Pesaing Berat Honda Scoopy

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Yamaha Fazzio
#Fazzio
#Yamaha
#Skuter Hybrid
#Honda PCX

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi