Nissan Pindahkan Produksi Mobil Supermini ke Thailand
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 16 Januari 2009 11:24 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Nissan Motor Co, yang terpukul oleh penurunan penjualan mobil, berencana untuk memindahkan produksi mobil subcompact utamanya dari Jepang ke Thailand yang berbiaya lebih rendah, kata sebuah laporan Jumat (16/1).

Produsen mobil terbesar ketiga Jepang itu mendesain kembali mobil supermininya yang populer, March, bersama mitra Prancisnya, Renault SA, yang berharap dapat menarik konsumen yang mencari mobil hemat bahan bakar.

Harian bisnis Nikkei mengatakan Nissan telah memutuskan untuk memindahkan semua produksi mobil Jepangnya ke Thailand pada 2010 dan kemudian mengekspor kembali ke Jepang.

Nissan berharap mengurangi biaya produksi 30 persen dengan menggunakan sukucadang lokal dan akan mendapat keuntungan dari kebijakan pengurangan pajak Thailand untuk mobil ramah lingkungan, kata Nikkei tanpa mengidentifikasi sumbernya.

Laporan itu menyusul keputusan Nissan untuk mengalihkan produksi Micra, versi luar negeri March, dari Inggris ke India saat edisi terbarunya muncul pada 2010.

Juru bicara Nissan menolak untuk mengkonfirmasikan pemindahan dari Jepang ke Thailand.

"Pengalihan produksi Micra dari Inggris ke India telah diumumkan, tetapi terkait laporan lainnya, kami belum membuat pengumuman," kata juru bicara Nissan Ikue Matsuura.

Nissan hari Kamis mengatakan akan memotong produksi di tahun fiskal saat ini 21 persen.

The Yomiuri Shimbun hari Kamis melaporkan Nissan mencatat kerugian pertamanya tahun ini sejak Renault mengirim Carlos Ghosn untuk menyelamatkan perusahaan Jepang itu dari jurang kebangkrutan pada 1999.

AFP | ERWIN 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi