Pembuat Subaru Rugi Pertama Kali Sejak 1994
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 16 Januari 2009 13:32 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Fuji Heavy Industries Ltd, perusahaan Jepang yang membuat merek mobil Subaru, hari Jumat mengatakan pihaknya memperkirakan mengalami kerugian pertama dalam 15 tahun karena lemahnya permintaan dan menguatnya yen.

Perusahaan yang sebagian dimiliki oleh Toyota Motor Corp itu diperkirakan mengalami kerugian bersih 19 miliar yen (US$ 211 juta) untuk tahun fiskal sekarang yang berakhir Maret, sedangkan prediksi sebelumnya perusahaan mengalami keuntungan 10 miliar yen.

Kerugian ini menjadi yang pertama sejak 1994, kata juru bicara perusahaan.

Fuji Heavy memperkirakan mengalami kerugian operasi 9,0 miliar yen, dari perkiraan sebelumnya mengalami keuntungan 23 miliar yen.

Perusahaan menyalahkan penurunan tajam permintaan mobil di seluruh dunia dan apresiasi yen yang cepat, yang mengurangi keuntungan penjualan di luar negeri, sebagai penyebab kerugian.

Tahun lalu perusahaan mencatat laba bersih 18,48 miliar yen dan pendapatan operasi 45,68 miliar yen.

Toyota, yang menghadapi kerugian pertamanya tahun ini karena krisis ekonomi global, pada bulan April mengatakan akan menggandakan sahamnya di Fuji Heavy menjadi 16,5 persen dan memperkuat penelitian dan pengembangan produk.

AFP | ERWIN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi