Sambangi Bengkel Sepeda Motor Setelah Banjir
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 18 Januari 2009 16:29 WIB
TEMPO/Tony Hartawan
TEMPO Interaktif, Jakarta : Lima sepeda motor bebek berbagai merek berjejer di pelataran sebuah bengkel siang itu dengan suku cadang terserak di sekitar setiap motor, sebagian sedang dibersihkan karena banjir di beberapa kawasan ibukota awal pekan ini mengotori bagian dalam mesin.

Salah seorang montir tengah menyemprotkan udara bertekanan tinggi untuk mendorong kotoran keluar dari karburator yang kotor, “Selain karburator yang paling umum biasanya busi, saringan udara, ruang bakar, dan kalau parah bisa masuk ke silinder dan mesin,” terang Iwan sambil terus bekerja. "Kemarin lebih banyak lagi yang dateng," tambah Iwan.

Air bisa masuk ke dalam mesin lewat knalpot dan saringan udara, dan untuk motor-motor dengan masa pakai di atas tiga tahun biasanya selang-selang pada mesin yang aus dan longgar bisa memberi celah masuk bagi air.

Untuk motor jenis bebek, kopling (tangki bensin terlihat), maupun transmisi otomatis, masalah umum akibat banjir hampir serupa. Seorang montir di bengkel motor Honda mengatakan “sekarang bebek juga ada yang injeksi.” jadi masalahnya sama saja.

Bila tidak ada penggantian suku cadang, bengkel Honda biasanya mengenakan tarif sekitar Rp 40.000 hingga Rp 50.000 untuk pembersihan mesin termasuk untuk motor transmisi otomatis. Kecuali ada perawatan lebih jauh seperti ganti oli, busi, atau selang-selang yang aus, “tinggal tambahin aja dari biaya standar” jelas montir itu.

RONALD SAUT

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi