De Villiers Juara Reli Dakar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 18 Januari 2009 16:53 WIB
AP Photo/Christophe Ena

TEMPO Interaktif, Buenos Aires: Pereli Afrika Selatan, Giniel de Villiers, memenangkan Reli Dakar 2009 untuk kategori mobil setelah menang Etape 14 pada Sabtu (17/1) di Argentina dengan mobil VW bermesin diesel.

De Villiers juara karena Carlos Sainz, yang sebelumnya menguasai klasemen, kecelakaan ke Etape 12. Sedang pereli Qatar Nasser al-Attiyah, yang mendominasi etape-etape awal, mengalami kerusakan mesin di Etape 6.

"Rasanya luar biasa," kata de Villiers. "Meski menang Reli Dakar yang tidak digelar di Afrika, yang merupakan kampung halaman saya, ini benar-benar Reli Dakar dan yang paling keras yang pernah dijalankan."

Pada etape ke 14 ini, de Villiers mengungguli pesaing terdekatnya, Mark Miller, pereli Amerika Serikat yang juga menggunakan VW dengan selisih jarak kurang dari dua menit. Secara keseluruhan, de Villiers unggul atas Miller dengan waktu hampir sembilan menit.

Kemenangan ini membuat pabrik VW sangat bangga karena mereka menang 10 dari 13 etape (satu etape dibatalkan) dengan de Villiers memenangkan empat dan Sainz enam etape.

Bagi VW, ini kemenangan pertama setelah di Reli Dakar setelah 1980. Yang juga pertama adalah karena mobil VW ini bermesin disel. Untuk pertamali Reli Dakar dimenangkan mobil disel.

Sedang yang paling terpukul adalah Mitsubishi. Pabrik Jepang ini menguasai Reli Dakar sejak 2001 tapi sekarang tergusur oleh VW.

AP/NURKHOIRI

#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi