Toyota Akan Pangkas 3.000 Pekerja di Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 20 Januari 2009 11:11 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Produsen mobil Jepang Toyota Motor Corp sedang mempertimbangkan mengurangi 3.000 lebih pekerja kontrak di pabrik dalam negeri akibat penjualan yang memburuk, menurut sebuah laporan Selasa (20/01).

Toyota kemungkinan memberhentikan semua pekerja kontrak yang tersisa di Jepang sekitar pertengahan September, kata harian the Yomiuri Shimbun.

Pada bulan November produsen utama Jepang itu mengatakan kemungkinan mengurangi pekerja kontraknya menjadi 3.000 pada akhir Maret.

Toyota mempertimbangkan menambah pengurangan pekerajaan saat penjualan kendaraan baru di seluruh dunia tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan, kata the Yomiuri tanpa menyebutkan sumbernya.

Toyota mengatakan pihaknya tidak memiliki rencana pasti terhadap pekerja kontraknya. "Tidak ada keputusan untuk mengurangi jumlah pekerja kontrak menjadi nol," kata juru bicara perusahaan itu.

"Karena kami memutuskan jumlah pekerja kontrak berdasarkan rencana produksi dan penjualan, kami tidak dapat memastikan berapa jumlah mereka nantinya," ujarnya.

Pekerja kontrak membantu raksasa mobil itu memperluas produksi ketika permintaan meningkat. Jumlahnya mencapai puncak 11 ribu di semester pertama 2005 dan berhenti pada 9.000 di akhir Maret 2008 menurut Yomiuri.

AFP | ERWIN 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi