Pengaspalan Sirkuit Mandalika Mulai Dikerjakan Minggu Depan
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 17 Februari 2022 10:40 WIB
Seorang pekerja berdiri di bukit 360 Sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, 28 Januari 2022. ANTARA/Ahmad Subaidi

GOOTO.COM, JakartaSirkuit Mandalika dilaporkan bakal kembali diperbaiki dengan pengaspalan ulang di beberapa bagian lintasan. Langkah tersebut diambil untuk membuat Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi lebih indah dan aman untuk para pembalap MotoGP.

Mengingat, sebelumnya Sirkuit Mandalika mendapat sorotan setelah lintasannya dianggap kotor akibat debu, kerikil dan lumpur. Ini pun menjadi evaluasi bagi beberapa pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Direktur Utama PT PP sebagai perusahaan konstruktor yang bertugas di MotoGP Indonesia, Novel Arsyad menjelaskan perbaikan lintasan itu direncanakan bisa dimulai pada pekan depan. Sejak Selasa, 15 Februari 2022, beberapa pengiriman bahan-bahan material dilaporkan sudah diberangkatkan.

"Kami sudah punya schedule untuk perbaikan ini, di mana sudah berjalan, paling lambat 10 Maret sudah kita selesaikan. Jadi per tanggal 15 Februari sudah berjalan, equipment sudah bergerak dan kita akan memakai kawalan khusus untuk mempercepatnya,” ujar Novel.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa perbaikan aspal Sirkuit Mandalika telah didiskusikan oleh Dorna, konsultan dan federasi ajang balap motor dunia FIM. Ada pun beberapa metode pengaspalan yang diterima PT PP dalam diskusi tersebut.

“Jadi yang kita lakukan pengelupasan pada aspal teratas kurang lebih 4 cm, dan langsung dibersihkan untuk dilakukan aspal. Itu dilakukan di beberapa tempat, tidak seluruh lintasan,” katanya dalam acara virtual, Rabu, 16 Februari 2022.

Dalam perbaikannya, pengaspalan ulang ini hanya akan dilakukan pada 15-17 persen bagian Sirkuit Mandalika. Dengan kata lain, hanya ada beberapa area yang harus dibenahi, seperti di beberapa tikungan.

“Hanya 15-17 persen dari lintasan, jadi tidak semua lintasan (yang diperbaiki). Mulai dari tikungan 16,5 sampai dengan tikungan 5,5 sehingga kurang lebih 17,5 persen dari keseluruhan lintasan,” jelas Novel menambahkan.

PT PP pun memastikan bahwa pihaknya bakal bekerja 24 jam penuh untuk memastikan pengerjaan aspal di Sirkuit Mandalika rampung sebelum gelaran MotoGP Indonesia. Mereka juga mengaku tidak akan bekerja setengah-setengah demi menjaga kualitas lintasan dalam waktu panjang.

Baca: Sirkuit Mandalika Bakal Dikelupas dan Diaspal Ulang Jelang MotoGP Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

 

#Sirkuit Mandalika
#MotoGP Indonesia
#MotoGP Mandalika
#Aspal
#Pertamina Mandalika International Street Circuit

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi