MotoGP 2022 Gunakan BMW M2 CS Racing untuk Safety Car
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 17 Februari 2022 15:24 WIB
BMW M2 CS Racing menjadi safety car baru MotoGP Musim 2022. (BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Safety car untuk MotoGP musim 2022 akan menggunakan BMW M2 CS Racing. Mobil ini merupakan mobil balap ras pertama yang digunakan sebagai mobil utama di MotoGP musim 2022.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"BMW M2 CS Racing telah sukses dalam berbagai kejuaraan. Sebagai mobil balap ras asli, sangat cocok untuk memimpin lapangan sebagai safety car di puncak balap sepeda motor," kata CEO BMW M GmbH Franciscus van Meel, dalam keterangan resmi, Kamis, 17 Februari 2022.

Penggunaan BMW M2 CS Racing sebagai safety car MotoGP ini merupakan salah satu bentuk perayaan 50 tahun BMW M. Mobil ini akan debut di MotoGP pada 6 Maret 2022 di GP Qatar dan ini menjadi musim ke-24 bagi BMW menjadi mobil resmi safety car MotoGP sejak tahun 1999.

"Dengan safety car berbasis mobil balap sungguhan, BMW M sekali lagi menetapkan tolok ukur baru tahun ini. BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car menunjukkan betapa berakarnya BMW M di motorsport. Ini merupakan bukti betapa intensifnya BMW M GmbH membawa semangatnya untuk motorsport," kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta seperti dikutip dari laman MotoGP.

BMW M2 CS Racing digunakan sebagai Safety Car MotoGP 2022. (BMW)

Mobil ini dibekali mesin yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 450 HP bergantung pada versinya. Selain itu, mobil balap ini dibekali sejumlah fitur seperti ABS, DSC, diferensial slip terbatas mekanis dengan pra-beban dan pendinginan terpisah, serta poros penggerak yang diproduksi khusus dan atap karbon.

Sebagai safety car, mobil ini mendapatkan modifikasi di beberapa area, termasuk penambahan light bar dan lampu depan. Livery BMW M2 CS Racing khusus safety car ini dibalut logo ulang tahun BMW M GmbH di kaca depan dan sayap belakang.

Saat ini ada beberapa model BMW yang dijadikan untuk safety car MotoGP, yakni BMW M3 Competition Safety Car, BMW M4 Competition Safety Car, BMW M5 CS Safety Car, BMW M8 Competition Gran Coupé Safety Car, BMW X5 M Competition Medical Car, dan dua BMW M 1000 RR Safety Bike.

Selain itu, mobil listrik BMW i4 M50 saat ini juga digunakan sebagai safety car untuk ajang FIM Enel MotoE World Cup, sebuah seri balap sepeda motor listrik yang menjadi program pendukung MotoGP.

Nah, kita bakal menyaksikan mobil ini beraksi di MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022. 

Baca juga: Mobil Safety Car MotoGP 2018 Menggunakan BMW M5 201 

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi