Toyota Luncurkan Mobil Off-Road Baru di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 21 Januari 2009 14:42 WIB
Copyright Astra.co.id
TEMPO Interaktif, Jakarta : Pasar mobil 4WD nasional bertambah ramai dengan dipasarkannya Toyota Hilux, mobil yang dirancang dengan kemampuan berjalan di luar jalan atau yang kerap disebut off-road.

Mobil yang sudah banyak digunakan oleh industri perkebunan dan pertambangan di Indonesia itu sebenar sudah masuk sejak 2005-2006 namun dengan kabin tunggal untuk dua orang dan bak terbuka lebih luas.

Seri kabin gandanya yang hari ini diluncurkan kebalikannya, luas kabin bertambah sehingga bisa memuat lima orang namun luas bak terbuka lebih sempit dibanding kabin tunggal. Johnny Darmawan, Presiden Direktur Toyota-Astra Motor, mengatakan dalam acara peluncuran itu, pemasaran jenis mobil semacam itu dari Toyota sudah diantispasi. “Kita sudah ditunggu, kalau kita masuk, masa nggak dapat share (pangsa) sih?” jelasnya.

Menurutnya, Toyota yang merupakan penguasa terbesar pangsa pasar otomotif di Indonesia, bahkan menetapkan target akan merebut 20 persen dari sekitar 2.000 unit mobil jenis itu yang diperkirakan terjual tahun 2009 di Indonesia. Saat ini pasar pikap berpenggerak empat roda diisi oleh Mitsubishi Strada dan Ford Rangers.

Selain tambahan kapasitas penumpang dan ukuran keseluruhan mobil, tenaga seri kabin ganda bisa mencapai 163 tenaga kuda dengan mesin diesel 3.000 cc, dibanding 136 tenaga kuda yang dihasilkan mesin bensin pada seri kabin tunggal yang berkapasitas 2.000 cc.

Mesin diesel seri kabin ganda membakar satu liter solar untuk jarak tempuh 10 – 12 kilometer, jauh lebih hemat dibanding mesin bensin pada seri kabin tunggal yang menghabiskan satu liter untuk perjalanan sejauh 9 – 10 kilometer, mengingat kapasitas kedua jenis mesin.

Untuk kualitas emisi spesifikasi mesin diesel seri kabin ganda yang dipasarkan di Indonesia lebih rendah dibanding spesifikasi yang dipasarkan di Thailand, lokasi produksi Hilux. Mesin Hilux yang dipasarkan di Indonesia menghasilkan emisi yang masuk dalam kategori Euro 2 atau menghasilkan emisi gas karbonmonoksida di bawah 1,0 gram per kilometer. Sedangkan Hilux cabin ganda yang dipasarkan di Thailand masuk dalam kategori Euro 3, atau membuang gas karbonmonoksida di bawah 0,64 gram per kilometer.

Hilux kabin ganda dijual dengan harga Rp 281 juta. "Itu sudah harga on the road," tutur Achmad Rizal Kepala Departemen Komunikasi Toyota.

RONALD SAUT

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi