Toyota Akan Memangkas 1.000 Pekerja di Amerika Utara dan Inggris
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 23 Januari 2009 07:58 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Produsen mobil Jepang Toyota Motor Corp. sedang mempertimbangkan memangkas lebih dari 1.000 pekerja di Amerika Utara dan Inggris, menurut sebuah laporan Jumat (23/1).

Toyota sedang meneliti bagaimana memangkas pekerja di tujuh pabriknya di Amerika Utara dan satu pabrik di Inggris, dan bermaksud untuk menyelesaikan rencana itu akhir bulan ini, sebagaimana dilaporkan harian bisnis Jepang, Nikkei, yang mengutip pejabat senior Toyota tanpa menyebutkan namanya.

Pemangkasan itu akan menjadi yang pertama bagi Toyota untuk mengurangi pekerja regulernya sejak 1950, ketika perusahaan itu memangkas sekitar 1.600 pekerjanya di Jepang, kata laporan itu.

Laporan itu muncul hanya beberapa hari setelah laporan angka penjualan menunjukkan bahwa Toyota telah mengalahkan rivalnya dari Detroit, General Motors, sebagai pembuat mobil teratas dunia. Namun, berita itu disambut tanpa perayaan di industri yang saat ini sangat terpukul oleh penurunan ekonomi global yang berakibat permintaan mobil menurun.

Sebuah laporan awal minggu ini mengatakan Toyota telah mempertimbangkan memangkas 3.000 lebih pekerja kontraknya di dalam negeri karena memburuknya penjualan.

Seorang juru bicara Toyota mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi apakah laporan itu benar atau tidak.

AFP | ERWIN 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi