Toyota Memperkirakan Penjualan Turun 7 Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 26 Januari 2009 16:13 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Toyota Motor Corp memperkirakan penjualan globalnya turun tujuh persen di tahun bisnis yang berakhir Maret 2010 akibat krisis ekonomi, menurut sebuah laporan Senin.

Perusahaan mengantisipasi penjualan sedikit di atas tujuh juta kendaraan, dibandingkan harapan 7,54 juta pada tahun bisnis saat ini dan 8,91 juta tahun sebelumnya, kata koran bisnis Nikkei dalam edisi sorenya.

Toyota, dianggap sebagai simbol dari kegagahan manufaktur Jepang, belum selamat dari penurunan permintaan yang menghantam dunia industri mobil.

Surat kabar Jepang lainnya, Tokyo Shimbun, hari Minggu melaporkan bahwa Toyota akan memotong produksi sebesar 20 persen tahun ini untuk mencoba menyesuaikan dengan jatuhnya permintaan di seluruh dunia.

Juru bicara Toyota menolak untuk mengkonfirmasi laporan itu.

"Kami mempertahankan pandangan kami bahwa sangat sulit untuk membaca kondisi pasar global sekarang," katanya.

Toyota mengambil alih posisi General Motors pada 2008 sebagai penjual mobil terbesar dunia, di mana penjualan raksasa Detroit itu turun lebih cepat dari Toyota.

Perusahaan Jepang itu telah melakukan berbagai langkah untuk menurunkan produksi, mengurangi pekerja dan menunjuk seorang presiden baru dari keluarga pendiri perusahaan untuk merespons krisis terbesar saat ini.

Bulan lalu Toyota memprediksikan kerugian operasional pertama senilai 150 miliar yen (US 1,7 miliar). Toyota dijadwalkan untuk melaporkan kinerja kuartal ketiganya pada pada 6 Februari.

AFP | ERWIN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi