Ford Jual Mobil Tanpa Chip Semikonduktor untuk AC Kursi Baris Kedua
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 15 Maret 2022 08:36 WIB
Ford Explorer 2020 (Ford)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford, akan menjual dan mendistribusikan Ford Explorer tanpa chip semikonduktor untuk mengoperasikan pendingin ruangan (AC) di kursi baris kedua. Keputusan ini merupakan imbas krisis semikonduktor yang melanda sektor otomotif secara global, lapor Automotive News pada Senin, 14 Maret 2022. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai gantinya, Ford akan mengirimkan chip semikonduktor itu secara bertahap ke dealer selama satu tahun ke depan, kemudian dealer akan memasangkan chip itu ke mobil pelanggan.

Kepala Komunikasi Ford Motor Company Amerika Utara, Said Deep mengatakan kepada The Verge bahwa perusahaan memilih untuk tidak menyertakan chip AC di sisi belakang karena kontrol suhu masih bisa dilakukan dari kursi depan.

Selain itu, pelanggan yang setuju untuk membeli kendaraan tanpa chip itu akan mendapatkan pengurangan harga. Menurut Deep, Ford melakukan itu sebagai cara agar Ford Explorer bisa cepat diterima pelanggan.

Selain itu, Ford berupaya mencegah penumpukan kendaraan di tempat perakitan, seperti deretan mobil Ford Bronco yang menumpuk di dekat Pabrik Ford Michigan karena harus menunggu pemasangan chip.

Bukan hanya Ford yang harus memangkas fitur mobil karena masalah chip, sebelumnya General Motors tidak menyertakan fitur pengisian daya nirkabel, radio HD, dan modul bahan bakar.

Tesla juga menjual beberapa mobil tanpa port USB, Cadillac tidak menyertakan fitur hands-free untuk Escalade keluaran tahun 2022 dan BMW mulai mengirimkan beberapa mobil tanpa layar sentuh.

Baca juga: Krisis Semikonduktor, Ford Pangkas Produksi di Jerman

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi