Pembangunan Sirkuit F1 Kepulauan Riau Menelan Biaya Rp 1,2 Triliun
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 31 Maret 2022 07:41 WIB
Peletakan batu pertama Sirkuit F1 Bintan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Gubernur Kepulauan Riaum Ansar Ahmad di Pantai Hotel Nirwana, Lagoi, Bintan pada Kamis, 17 Maret 2022. TEMPO | Yogi Eka Sahputra
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno baru-baru ini berbicara soal pembangunan sirkuit F1 (Formula 1) di Kepulauan Riau. Salah satu yang ia singgung adalah biaya yang dikeluarkan selama proses pembangunannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut laporan situs berita Antara, Sandiaga Uno menyebutkan seluruh dana pembangunan sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau, menghabiskan sekitar Rp 1,2 triliun. Ia pun memastikan bahwa dana tersebut tidak menggunakan uang negara.

Artinya, Sirkuit Internasional Bintan ini tidak memakai dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Nantinya dana besar tersebut murni dari pihak swasta.

"Kami akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dan juga akan mengundang investor swasta lainnya agar pembangunan sirkuit ini bisa didukung oleh fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya," ujar dia di weekly press briefing, dikutip Gooto.com dari Skor.id, Kamis, 31 Maret 2022.

Sandiaga Uno juga mengatakan bakal menjalin kerja sama antara Kemenparekraf dengan pihak-pihak terkait untuk mendatangkan investasi. Terlebih, Sirkuit Internasional Bintan juga dinilai strategis untuk mengembangkan sport-tourism.

"Setelah melihat efek ekonomi yang cukup besar dari gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, konsep sport-tourism dalam ajang F1 di Bintan akan dirancang seperti itu," kata Sandia Uno menambahkan.

Terlepas dari itu, rencana pembangunan sirkuit Formula 1 di Kepulauan Riau ini berawal dari PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), yang telah menyiapkan lahan seluas 75 sampai 100 hektare di wilayah Lagoi.

General Manager BRC Abdul Wahab menerangkan pembangunan sirkuit balap internasional di Bintan ini berdasarkan proposal usulan Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo. Rencana itu juga didukung penuh oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Baca: Klasemen ARRC 2022: Andi Gilang Urutan 3, Galang Hendra P7

SKOR.ID | ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi