Penjualan Otomotif Diperkirakan Tetap Naik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 31 Januari 2009 20:40 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta :Sepanjang 2008 lalu, penjualan otomotif baik mobil maupun sepeda motor mengalami peningkatan bila dibanding tahun sebelumnya. Menurut Laporan asosiasi industri otomotif, pada 2008, mobil naik 40 persen menjadi 607 ribuan unit, motor naik 13 persen menjadi 6,21 juta unit.

Peningkatan itu dicapai walaupun penjualan pada triwulan terakhir 2008 jatuh karena resesi ekonomi global. Resesi itu juga telah membuat industri otomotif di dalam negeri sulit menetapkan target penjualan 2009 ini.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan, penjualan mobil tahun ini sekitar 450.000 unit. Sedangkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia memperkirakan penjualan tahun ini kemungkinan sekitar empat juta unit.

Ketua Asosiasi Industri Mobil, Bambang Trisulo, mengatakan ada beberapa faktor yang memberi optimisme pada perkiraan penjualan mobil tahun ini.

“Yaitu, stimulus atau program pengucuran dana untuk mendorong aktivitas ekonomi nasional, fundamental ekonomi Indonesia yang kuat, keyakinan bahwa suku bunga Bank Indonesia akan turun, dan pemilihan umum (Pemilu),” tuturnya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (31/1).

Bambang mengatakan belanja nasional akan besar sepanjang masa Pemilu. "Lihat saja pemilihan daerah, kan besar itu."

Namun, Gaikindo tidak merinciberapa persen mobil yang akan terjual selama pemilu tersebut, "Kan partai atau punya anggaran, berapa untuk kertas, berapa untuk spanduk, berapa untuk motor, berapa untuk mobil, tapi kan itu tidak bisa kita perkirakan."

Pernyataan sama juga diungkapkan Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Gunadi Sindhuwinata. Menurut Gunadi faktor lain yang akan mendorong penjualan sepeda motor adalah pasar otomotif nasional masih dalam tahap pertumbuhan.

Baik asosiasi motor dan mobil berharap suku bunga bank bisa turun untuk mendorong penjualan.

Sementara itu, Achmad Rizal, Manager Pemasaran Toyota, Toyota Astra Motor mengatakan saat pemilu "Banyak uang berputar dan itu akan menggerakkan ekonomi. Pemilu membantu menahan penjualan otomotif dari penurunan lebih jauh,” tandasnya.

Wakil Presiden Direktur Eksekutif Astra Honda Motor, Siswanto Prawiroatmodjo melontarkan hal senada. "Konsumsi domestik nasional akan meningkat seperti yang diperkirakan Departemen Keuangan, dan pemilu adalah salah satu faktor pendorong peningkatan konsumsi domestik,” ujarnya.

RONALD

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi