Produsen Motor Turunkan Target Penjualan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 1 Februari 2009 14:40 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Astra Honda Motor menurunkan target penjualan sepeda motor di Indonesia tahun ini sebesar 26,8 persen dibanding penjualan tahun 2008, karena krisis ekonomi global. Honda memperkirakan mampu menjual 2,1 juta tahun ini dibanding 2,87 juta yang berhasil dijual tahun lalu.

Suzuki juga menurunkan targetnya tahun ini menjadi sekitar 600.000 motor. Suzuki tidak menyebut berapa jumlah penjualan yang ditargetkan, namun hanya mengatakan pangsa pasar yang direbut tahun lalu akan dipertahankan. Darmawan Editjahjono Darmawan Editjahjono, Direktur Pemasaran Indomobil Niaga Internasional mengatakan, "tahun lalu kita jual 825.000 unit atau 15 persen dari total pasar, tahun ini kita targetkan tetap 15 persen dari perkiraan total pasar sekitar 4,25 juta motor.

Yamaha lebih optimis. Bambang Asmara Budi, Manajer Pemasaran Yamaha Motor Kencana Indonesia mengatakan "Target penjualan tetap seperti tahun lalu 2,4 juta unit," hal itu berarti Yamaha memperkirakan, dengan proyeksi penjualan sebesar 4,5-5 juta unit, pangsa pasar Yamaha tahun ini akan naik menjadi 50,5 persen.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia menyatakan target tahun ini dipangkas menjadi empat juta unit. Gunadi Sindhuwinata ketua asosiasi industri itu mengatakan “angka itu didapat dari memotong penjualan tahun 2008 sebesar 30 persen, jadi kalau penjualan 2008 6,2 juta unit dikurangi 30 persen menjadi sekitar empat juta.” Proyeksi itu menurut Gunadi realistis, bukan pesimistis karena muncul dari pengamatan pasar terutama pada akhir 2008.

RONALD

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi