Pelayanan dan Komunikasi Demi Pasar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 3 Februari 2009 21:16 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Peningkatan pelayanan terhadap konsumen adalah salah satu taktik industri otomotif di Indonesia untuk mempertahankan posisi mereka dalam pasar nasional tahun ini. Ford Motor Indonesia memperpanjang layanan purna jual mereka bulan lalu, sedangkan Mazda Motor Indonesia menambah daya jangkau dan mutu pelayanan.

Tundjung Pangajom, Asisten Manajer Service Mazda Indonesia mengatakan peningkatan layanan purja jual dilakukan dengan beberapa cara. Pertama meningkatkan mobile service (pelayanan perbaikan bergerak) di Medan, Jakarta, Palembang, Balikpapan, Makassar, dan Pekanbaru. “Misalnya di Sumatera Selatan, dulu mobil servis kita hanya sampai di Prabumulih, sehingga mobil-mobil dari lokasi pertambangan harus bergerak ke Prabumulih. Sekarang kita langsung menjangkau ke lokasi pertambangan,” kata Tundjung.

Sebagai informasi, lebih dari 1.500 (69 persen) mobil Mazda yang terjual di Indonesia tahun lalu adalah BT-50, mobil diesel berpenggerak empat roda yang banyak dibeli industri pertambangan, perkebunan, atau sumber daya alam lainnya.

Berikutnya adalah pengetatan proses servis. “Ada 12 elemen kunci dalam proses perbaikan yang seluruhnya sudah diterapkan, namun ada beberapa elemen yang tidak dijalankan dengan ketat, misalnya pendokumentasian kerja,” jelas Tundjung.

Program lainnya adalah pelatihan dan pendidikan program master bagi teknisi untuk meningkatkan mutu kerja dan pelayanan teknisi.

Bentuk peningkatan layanan lain adalahi jalur komunikasi. Mazda Motor Indonesia memperbaiki situs resminya dan muncul di situs jaringan sosial Facebook.

Brand Communication Manager Mazda, Astrid Ariani, mengatakan pembaruan pada situs lokal Mazda akan memberi informasi produk yang lebih jelas terutama dari sisi interior mobil, aksesoris, serta jaringan distributor Mazda di Indonesia. “Bahkan pengunjung bisa menonton iklan-iklan televisi yang Mazda gunakan untuk pasar di negara-negara lain,” tambah Astrid.

Mazda Motor Indonesia juga memperkenalkan account-nya pada situs jaringan sosial Facebook, melengkapi account Mazda North America yang lebih dulu ada.

RONALD | RAJU

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi