Ford Recall 3,3 Juta Mobil karena Masalah Transmisi
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 16 Juni 2022 06:13 WIB
Ford Logo
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFord menarik (recall) lebih dari 3,3 juta kendaraan di Amerika Utara karena potensi kerusakan pada sistem transmisi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam pengajuan penarikan kembali dengan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), Ford mengatakan penarikan tersebut mencakup berbagai kendaraan seperti Escape 2013-2019, C-Max 2013-2018, Fusion 2013-2016, Transit Connect 2013-2021 dan Edge 2015-2018, demikian laporan Reuters, Rabu, 15 Juni 2022.

Recall tersebut mencakup lebih dari 2,9 juta kendaraan AS dan 394.000 di Kanada.

Busing kabel shift yang rusak atau hilang dapat mengakibatkan perpindahan gigi perseneling tidak seperti yang diinginkan, atau kendaraan dapat bergerak sendiri setelah pengemudi memilih posisi 'Parkir' pada tuas transmisi.

Ford mengatakan pihaknya mengetahui enam laporan dugaan kerusakan suku cadang dan empat laporan cedera yang berpotensi terkait dengan kendaraan yang ditarik.

Ini adalah penarikan kelima Ford atas masalah ini sejak 2018, katanya kepada agensi. Ford sebelumnya menarik sekitar 1,4 juta kendaraan di seluruh dunia dalam penarikan bagian kabel shift sebelumnya.

Ford menolak mengatakan berapa banyak kendaraan di seluruh dunia yang menjadi bagian dari penarikan terakhir.

Setelah penarikan April terkait dengan masalah yang sama, Ford terus mengadakan pembicaraan dengan NHTSA mengenai laporan lapangan terkait dengan kendaraan yang tidak termasuk dalam penarikan sebelumnya.

"Meskipun tingkat klaim dan kegagalan yang diproyeksikan tetap rendah, Ford merekomendasikan penarikan untuk kendaraan yang tersisa di Amerika Utara" dengan bushing kabel shift khusus.

Ford mengatakan dari April 2015 hingga Maret 2022, pihaknya telah mengidentifikasi 1.630 laporan garansi dan 233 laporan lain yang dikaitkan dengan masalah ini.

Untuk mengatasi masalah ini, dealer akan mengganti bushing shift dan menambahkan tutup pelindung. Bagian-bagian baru akan diproduksi dari bahan kelas yang berbeda.

Pada hari Selasa, produsen mobil No. 2 AS itu mengatakan menarik sekitar 49.000 kendaraan listrik Mustang Mach-E karena bagiannya bisa terlalu panas dan mengakibatkan hilangnya tenaga penggerak.

Produsen mobil akan memperbarui perangkat lunak kendaraan untuk mengatasi masalah tersebut. Ford mengatakan sejak Juli telah menerima 286 klaim garansi di Amerika Utara terkait penarikan tersebut.

Pada hari Rabu, Ford juga menarik 53.103 kendaraan Bronco empat pintu 2021-2022 karena pintu belakang sisi penumpang dapat dibuka dari dalam kendaraan ketika kunci pengaman anak dalam posisi "ON".

Dealer akan memeriksa kunci dan gerendel pengaman anak di sisi penumpang, dan menggantinya jika diperlukan. Ford mengatakan tidak mengetahui adanya kecelakaan atau cedera yang terkait dengan penarikan Bronco atau Mustang Mach-E.

Ford memimpin semua produsen mobil di Amerika Serikat tahun ini, dengan 38 kampanye penarikan yang mencakup 6,6 juta kendaraan.

Baca juga: Ford Recall 737 Ribu Mobil karena Risiko Terbakar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi