Proton Bakal Luncurkan Mobil MPV di Indonesia Juli
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 Februari 2009 13:16 WIB

TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur: Proton Holding Bhd berencana mengekspor mobil multi-purpose vehicle (MPV) ke Indonesia dan Thailand pada Juli mendatang. Itu sebagai langkah Proton untuk melebarkan sayapnya ke Asia Tenggara.

"Akan tetapi, prioritas kami tetap untuk memuaskan permintaan lokal terlebih dulu," ujar Chairman Proton Holdings Bhd Mohd Nadzmi Mohd Salleh, Selasa (17/2), seperti dikutip The Star, Rabu (18/2).

Proton sendiri rencananya meluncurkan MVP terbaru bernama Exora pada April mendatang. Nama Exora dilansir untuk pertama kalinya, Selasa (17/2).

"Kami harus mengekspor kendaraan-kendaraan kami karena pasar kami tidak cukup besar bagi kami untuk menjadi salah satu pemain utama di industri otomotif," ujar Mohd Nadzmi. Ia menambahkan bahwa Proton telah menginvestasikan sebesar 450 juta ringgit Malaysia untuk MPV dan MPV tersebut bakal diproduksi di pabrik mereka di Shah Alam.

Proton berniat memproduksi 3.000 sampai 3.500 MPV per bulan. Exora sendiri sanggup memuat tujuh penumpang dan memiliki mesin Campro 1,6 CPS.

Managing Director Proton Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir mengatakan nama Exora yang berarti bunga mekar di semak-semak menunjukkan bahwa MPV itu merupakan mobil keluarga.

THE STAR| KODRAT SETIAWAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi