Tips Keselamatan Berkendara Saat Nyetir Mobil Selama Libur Idul Adha
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 9 Juli 2022 14:00 WIB
ilustrasi berkendaraan (pixabay.com)

GOOTO.COM, Jakarta - Saat ini sejumlah masyarakat Indonesia, khususnya kaum muslim, sedang menikmati lbur Idul Adha. Tak jarang dari mereka melakukan perjalanan jarak jauh dalam memanfaatkan waktu liburannya.

Ketika berencana melakukan perjalanan jarak jauh, maka ada beberapa tips keselamatan berkendara yang harus diperhatikan. Hal ini tentunya bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Berikut redaksi Gooto.com merangkum tips keselamatan berkendara yang melakukan perjalanan jauh selama libur Hari Raya Idul Adha 2022:

Perhatikan Kondisi Tubuh

Tips keselamatan berkendara pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tubuh sedang dalam kondisi sehat dan prima. Karena jika kondisi tidak sehat, maka kemungkinan besar perjalanan pun bakal terasa tidak nyaman.

Cek Kendaraan

Lalu pada tips kedua pengemudi juga disarankan untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraannya. Salah satu yang harus dicek adalah kondisi air aki, oli, rem, air radiator dan ban. Kalian juga diingatkan untuk sedia alat-alat bengkel sederhana untuk berjaga-jaga.

Kenali Jalur yang Dilewati

Pengendara diharuskan mengenali kondisi jalur yang akan mereka lalui selama libur Idul Adha ini. Karena kondisi jalanan diketahui bisa memengaruhi performa pengemudi saat berkendara. Jika Anda belum pernah melewati jalan itu, maka disarankan untuk tidak memacu kendaraan terlalu cepat.

Perhatikan Waktu Tempuh Perjalanan

Waktu tempuh perjalanan harus diperhatikan dengan baik. Sebaiknya, pengendara berangkat pada waktu yang tidak terlalu berdekatan dengan jam tiba yang telah ditentukan agar tidak terburu-buru dalam berkendara. Dengan demikian, risiko kecelakaan berkendara akan semakin berkurang dan pengendara pun akan lebih tenang saat di jalan.

Perhatikan Posisi Duduk

Tips keselamatan berkendara terakhir, pengendara diminta untuk memperhatikan posisi duduk saat menyetir mobil. Ini bisa mengurangi rasa pegal-pegal dalam tubuh si pengendara. Maka dari itu, atur posisi duduk senyaman mungkin agar tetap berkendara secara nyaman.

Baca: Jumlah Mobil yang Ikut Uji Emisi di Jakarta Barat Lampaui Target

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Idul Adha
#Keselamatan Berkendara
#Hari Raya Idul Adha
#Tips

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi