Tips Mudah Merawat Velg Sepeda Motor, Simak Caranya
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 23 Agustus 2022 15:33 WIB
Ilustrasi velg sepeda motor. (Yamaha Indonesia)

GOOTO.COM, JakartaVelg pada sepeda motor memiliki peran yang sangat vital, yakni membantu motor untuk bergerak. Tetapi, pemilik sepeda motor sering lupa mengecek kesehatan velg pada kendaraannya. Padahal keberadaan velg berkaitan erat dengan kenyamanan saat berkendara sepeda motor.

Jika kita tidak merawat kesehatan velg kendaraan itu akan berdampak pada proses laju kendaraan kita. Karena pada sepeda motor keseimbangan itu bertumpu pada roda ban yang ban itu sendiri melekat pada velg, kalau velg kendaraan kita bengkok atau tidak lurus itu dapat menyebabkan kurangnya keseimbangan kita dalam berkendara sepeda motor. Maka dari itu, kita perlu memperhatikan kesehatan velg agar tetap berfungsi dengan baik sehingga mendukung aktivitas berkendara.

Bagi pengguna sepeda motor ada baiknya mengetahui cara menjaga atau merawat velg. Untuk itu Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan tips merawat velg sepeda motor :

  1. Velg bersih

Biasakan membersihkan velg secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan atau saat melewati genangan air. Karena semakin bersih, velg semakin terhindar dari karat yang dapat mempercepat kerusakan di velg.

  1. Tekanan angin ban

Tekanan angin ban cukup berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan velg. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya terkena benturan dengan batu atau lubang di jalan.

  1. Ukuran ban dan velg yang sesuai

Seperti yang kita ketahui banyak pecinta sepeda motor yang memodifikasi motornya termasuk bagian ban dan velg. Namun tetap perhatikan juga kenyamanan saat berkendara di jalan. Contohnya tidak menggunakan ban yang melebihi diameter velg. Karena dapat mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda. Pilihlah velg yang asli keluaran pabrik serta velg yang bermerek atau berkualitas baik.

  1. Hindari jalan yang rusak atau berlubang

Semakin sering berbenturan dengan logam, bukan hanya tekanan udara saja yang berkurang tapi juga dapat merusak keutuhan velg dan ban luar.

Baca juga: Sepeda Motor Listrik Alva Dirakit di Cikarang, Kapasitas 100 Ribu per Tahun

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Velg
#Sepeda Motor
#Tekanan Angin Ban
#Skuter
#Tips Merawat Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi