Tips Merawat Motor Kopling dari Yamaha
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Kamis, 25 Agustus 2022 06:49 WIB
Yamaha RX King Cobra warna putih milik Ahmad Arif atau Arif King Priok yang ditawarkan dengan harga Rp 125 juta. (Dok Arif King Priok)

GOOTO.COM, Jakarta - Pada dasarnya tipe mesin sepeda motor terbagi menjadi tiga berdasarkan penggunaan kopling, yaitu motor kopling manual, kopling sentrifugal, dan kopling ganda.

Pada umumnya ciri-ciri motor kopling manual adalah terdapat handle kopling pada stang sebelah kiri.

Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun mengungkapkan panduan merawat motor kopling, dikutip hari ini, Kamis, 25 Agustus 2022: 

1. Rutin mengganti oliUntuk merawat kopling manual pada motor kopling arus rutin mengganti oli. Pergantian oli biasanya dilakukan pada 3.000 km perjalanan.

2. Rajin cek dan setel tuas koplingKampas kopling motor yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin saat melakukan perpindahan gigi dan akan mempengaruhi laju motor. Jika kampas kopling sudah mulai aus maka tuas kopling akan longgar, dan harus dilakukan penyetelan sesuai standar.

Jika sudah tidak bisa dilakukan penyetelan berarti kampas kopling sudah habis dan harus dilakukan pergantian kampas kopling. Biasakan mengganti sparepart dengan yang asli di bengkel resmi.

3. Cek pergerakan tuas dan kabel koplingMenurut Yamaha, pengecekan tuas dan kabel kopling untuk melihat tarikan pada kopling terasa berat atau tidak. Jika kopling terasa berat, cukup berikan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel melalui tuas pada bagian handling kopling.

Setelah cairan masuk coba tarik handing kopling perlahan beberapa kali. Jika masih berat, tambahkan kembali cairan pelumasnya dan mengulangi langkah tersebut sampai tarikan kopling terasa enteng.

4. Gunakan BBM sesuai kompresi sepeda motorSemakin tinggi nilai kompresi sepeda motor maka akan membutuhkan BBM bahan dengan oktan lebih tinggi pula. Ketidaksesuaian pemilihan oktan bahan bakar akan menyebabkan performa motor menurun. Yamaha mewanti-wanti pengguna motor kopling agar memperhatikan nilai kompresi mesin sepeda motor.

Baca: Ciri-ciri Kampas Kopling Motor Matik Bermasalah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Motor Kopling
#Kampas Kopling
#Kopling Manual
#Kopling Motor
#Yamaha
#Sepeda Motor
#Tips Merawat Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi