Penyebab Central Lock Mobil Tak Berfungsi serta Tips Merawatnya
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Sabtu, 27 Agustus 2022 08:08 WIB
Ilustrasi Central Lock mobil. shutterstock.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta

Sistem central lock adalah salah satu fitur keamanan pengguna mobil, yakni penguncian pintu mobil secara bersamaan hanya dengan memencet satu tombol. 

Sistem central lock mobil bisa tidak berfungsi dengan baik karena faktor pemakaian yang cukup lama. Auto2000 mengungkapkan lima penyebab central lock mobil tidak berfungsi, dikutip hari ini, Sabtu, 27 Agustus 2022, yaitu:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Kerusakan Rangkaian KabelKerusakan pada kabel dapat membuat central lock tidak bekerja dengan baik.

2. Modul BermasalahModul ini berfungsi meneruskan arus listrik kepada actuator supaya sistem central lock dapat bekerja. Jika modul rusak maka central lock tidak akan bisa bekerja normal.

3. Dinamo LemahDinamo central lock pada beberapa mobil Toyota, misalnya, berfungsi menggerakkan pengunci. Masalah pada dinamo menyebabkan central lock tidak bisa berfungsi dengan baik.

4. Usia Pemakaian Lewat BatasCentral lock mobil juga memiliki usia batas pemakaian. Jika usia pemakaiannya lewat batas, central lock bisa tidak berfungsi. 

5. Komponen Pengunci BerkaratKarat dan kerak dapat mengganggu kinerja berbagai komponen, termasuk sistem penguncian.

Kesalahan pemakaian, bahkan kecelakaan, juga bisa memicu kerusakan sistem central lock mobil. Perawatan sistem penguncian tersebut pun sangat penting.

Berikut tips merawat kondisi central lock mobil:

1. Berkendara dengan BaikKecelakaan yang terjadi pasti akan membuat berbagai komponen mobil, termasuk central lock mobil rusak.

2. Menutup Pintu Mobil dengan BenarTutuplah pintu mobil menggunakan kekuatan biasa yang penting pintu tertutup rapat dengan sempurna. Jika berhati-hati menutup pintu mobil, central lock mobil akan berfungsi dengan baik dalam waktu yang sangat lama. 

Baca: Kunci Mobil yang Memiliki Bentuk Unik dan Layak Dikoleksi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi