Tips Aman Berkendara di Jalan Licin
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 30 Agustus 2022 14:31 WIB
Ilustrasi naik sepeda motor saat hujan. (Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hujan menyebabkan permukaan jalan menjadi basah dan licin. Tidak jarang pengendara mobil dan motor kehilangan akibat jalan licin sehingga perhatian tips berkendara di jalan licin.

Pada saat berkendara di jalan licin cengkeraman ban motor atau mobil akan berkurang sehingga berpotensi menyebabkan slip atau kehilangan kendali.

Agar aman berkendara di jalan licin dan basah, simak tips berikut:

1. Pastikan kondisi ban layak digunakanSebelum berpergian alangkah baiknya kita mengecek kondisi ban pada kendaraan kita untuk memastikan aman saat melewati berbagai macam kondisi jalanan. Kondisi ban yang baik itu corak kembang ban pada kendaraan masih terlihat atau tidak gundul.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Kurangi kecepatanHal ini dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di jalanan yang licin akibat hujan. Walaupun kita memiliki agenda yang cukup penting dan mengharuskan tiba lebih awal, tetap harus diingat juga kalau keselamatan kita itu juga lebih penting.

3. Periksa rem kendaraan apakah berfungsi dengan baikKomponen pada kendaraan satu ini berguna untuk mengendalikan laju kendaraan saat berkendara.

4. Jaga jarak dengan pengendara lainJika jarak pengendara aman dengan kendaraan di depannya, maka kondisi rem mendadak tidak akan terjadi.

5. Fokus dan jaga pandangan mataPandangan mata sangat penting karena untuk mengatisipasi jika ada jalan licin, berlubang, atau jalanan yang rusak.

6. Pastikan lampu utama/headlamp kendaraan menyalaLampu utama ini berguna untuk memberikan pandangan saat berkendara, terlebih pada saat jalanan yang licin, agat pengendara terhindar dari kecelakaan.

Itulah beberapa tips aman berkendara di jalanan yang licin, selalu ingat bahwa keselamatan diri Anda itu sangat penting.

Baca: Begini Trik Melewati Jalanan Licin Disebabkan Hujan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi