3 Tips Bagi Pengendara untuk Menghindari Kecelakaan Truk Trailer
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 2 September 2022 09:51 WIB
Petugas memindahkan truk kontainer yang mengalami kecelakaan di Jalan Sultan Agung, depan SDN Kota Baru 02 dan 03 Kranji, Bekasi, Jawa Barat, Rabu 31 Agustus 2022. Kecelakaan truk kontainer yang diduga akibat rem blong itu mengakibatkan 10 orang meninggal dunia dan 23 orang luka-luka. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

GOOTO.COM, Jakarta - Beberapa hari lalu kecelakaan truk trailer di Bekasi menjadi salah satu insiden yang cukup mengerikan. Insiden ini dilaporkan memakan korban sebanyak 33 orang, 10 di antaranya meninggal dunia.

Menurut penjelasan Kepala Polsek Bekasi Kota Komisaris Polisi Salahuddin, kecelakaan maut tersebut bukan karena rem blong atau masalah pada kendaraan. Namun pihak kepolisian menduga kalau sopir truk trailer mengantuk.

Sekedar informasi tambahan, truk trailer tersebut dianggap telah melakukan perjalanan jarak jauh. Itu bisa dilihat dari pelat nomor kendaraan yang diawali dengan huruf ‘N’ (asal Malang).

Dalam kesempatan ini, redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum tips bagi pengendara untuk menghindari kecelakaan truk trailer. Berikut ulasannya khusus untuk Anda:

  1. Jaga Jarak Aman

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh pengendara adalah menjaga jarak dengan aman ketika menghampiri atau dihampiri oleh truk. Hal ini dilakukan agar kendaraan Anda mudah terlihat oleh sopir truk.

Apabila jarak pengendara mobil atau motor terlalu dekat, maka sopir truk kemungkinan besar semakin sulit melihatnya. Karena truk memiliki blind spot yang berbeda dengan kendaraan roda empat pada umumnya.

  1. Perhatikan Manuver Truk

Tips kedua, para pengendara diminta untuk tetap fokus dan memperhatikan maneuver yang dilakukan oleh sopir truk. Apabila truk mulai mendekat, maka pengendara harus berhati-hati supaya dapat merespons dengan baik ketika truk mengalami masalah.

Kendati pengendara sedang berhenti di pinggir jalan, namun mereka dipastikan juga harus mengawasi sekitar. Karena kecelakaan bukan hanya terjadi karena kesalahan sendiri, namun itu juga bisa disebabkan oleh orang lain.

  1. Sabar dan Jaga Kecepatan

Terakhir, pengendara juga harus bisa mengontrol emosi dan kecepatan kendaraan saat bertemu dengan truk trailer. Kebanyakan pengemudi mungkin tidak sabar untuk berlama-lama di belakang truk, dan memilih untuk menyalip dengan kecepatan tinggi.

Akan tetapi, Anda diminta untuk bersabar dan memperhatikan area sekitar terlebih dahulu sebelum akhirnya menyalip truk. Karena pengendara lain juga membutuhkan jalan untuk akses kendaraannya.

Baca juga: Jadwal MotoGP Misano: Dominasi Francesco Bagnaia Bakal Berlanjut?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#kecelakaan truk trailer
#Tips
#Kecelakaan
#Truk
#truk trailer

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi