Tips Merawat Jok Kulit Mobil Agar Awet
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Jumat, 2 September 2022 15:41 WIB
Autonomous cinematic drone juga ditawarkan di Polestar O2, bisa merekam pergerakan mobil saat melaju. Bisa terbang dari belakang jok, merupakan hasil kolaborasi dengan Aerofugia dari Hoco Flow. FOTO/Topgear.com

GOOTO.COM, Jakarta - Jok mobil adalah tempat duduk bagi pengemudi dan penumpang. dengan bahan lapisan kulit, semi kulit, nilon, dan vinil. Para penggunanya perlu tips merawat jok kulit mobil agar awet.

Jok kulit lebih banyak dipilih konsumen karena menghadirkan kesan elegan dan premium, selain juga nyaman. Tapi jok mobil kulit membutuhkan perawatan khusus agar awet. Harganya pun lebih mahal.

Berikut tips merawat jok kulit mobil agar tetap awet, dilansir dari laman Auto2000 hari ini Jumat, 2 September 2022:

1. Lap Jok Kulit Mobil Setiap HariMenjaga kebersihan jok kulit merupakan salah satu cara yang efektif untuk merawat jok kulit mobil. Tidak perlu melakukan pembersihan mendalam dan menyeluruh, melainkan cukup mengelap jok kulit mobil dengan kain yang halus.

Bersihkan pula kotoran yang berada pada lipatan jok. Membiarkan kotoran terlalu lama dapat membuat kotoran menempel pada kulit dan akan jauh lebih sulit untuk dibersihkan.

2. Melakukan PerawatanDalam jangka waktu tertentu lakukan perawatan dan pembersihan interior mobil secara keseluruhan, termasuk jok kulit mobil. Tips merawat jok kulit lainnya adalah sediakan berbagai peralatan dan bahan khusus untuk menjaga jok dan interior mobil tetap bersih dan awet.

Kotoran pada jok mobil terutama yang meninggalkan bekas harus dibersihkan sehingga membantu kulit pada jok bisa tahan lama.

3. Hindari Parkir di Bawah Sinar Matahari LangsungUntuk menjaga kulit agar tidak mengelupas dan memiliki usia pemakaian yang panjang, hindari memilih tempat parkir yang terkena sinar matahari langsung. Suhu terlalu panas dapayt membuat jok kulit mobil cepat kering dan mudah pecah-pecah.

4. Hindari Menggunakan Bahan Kasar Untuk MembersihkanTips merawat jok kulit mobil yang lain adalah bersihkan jok kulit dengan sesuatu yang berbahan halus. Penggunaan alat berbahan kasar  dapat mempercepat pengelupasan kulit.

Sebaiknya, gunakan lap dengan bahan microfiber saat mengoleskan cairan pelembab dan pembersih ke jok kulit mobil.

Setelah mengetahui cara merawat jok kulit agar awet, penggunanya harus menjaga kebersihan jok mobil. Berikut tipsnya:

1. Bersihkan Interior Terlebih DahuluTips merawat jok kulit agar tetap bersih adalah lakukan membersihkan bagian interior terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian jok kulit mobil. Untuk membersihkan bagian interior dapat menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran pada bagian bawah terutama karpet mobil serta bagian jok mobil.

2. Membersihkan Jok Kulit dengan Hati-hatiBersihkan jok kulit mobil secara perlahan dan berhati-hati. Hindari menggosok jok kulit secara keras karena dapat menyebabkan kulit mudah terkelupas. Tambahkan cairan pembersih khusus kulit agar jok mobil lebih bersih dan wangi.

3. Pilih Cairan Pembersih yang SesuaiTips merawat joik kulit mobil lainnya adalah gunakan cairan pembersih yang tidak sembarangan. Material kulit rentan mengelupas terutama ketika bereaksi dengan bahan kimia tertentu. Pemilihan cairan pembersih yang salah juga dapat mempercepat warna memudar.

4. Membersihkan Jok Secara BerkalaTips merawat jok kulit mobil agar tetap bersih yang terakhir adalah perhatikan kondisi jok kulit dan membersihkannya secara berkala. Bersihkan jok mobil setiap 3-6 bulan sekali.

Baca: Cara Merawat dan Tipe-tipe Bahan Pelapis Jok Mobil 

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Tips Merawat Jok Kulit
#Pelapis Jok Mobil
#Auto2000
#tips perawatan kulit
#Interior
#kursi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi