Tips Memilih Oli Mesin Mobil Menurut Suzuki
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 6 September 2022 07:22 WIB
Ilustrasi mengisi pelumas mesin mobil. (Astra Peugeot)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli mesin mobil berfungsi sebagai pelindung mesin dari gesekan antarkomponen saat pembakaran internal.Oli mesin juga berfungsi sebagai pembersih hingga alat pendingin mesin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oli yang tidak diganti secara rutin akan memiliki pengaruh besar pada kinerja mesin mobil. Banyak sekali pilihan oli mesin mulai yang murah hingga yang paling mahal.

Berikut tips memilih oli mesin mobil dari Suzuki, dikutip hari ini, Selasa, 6 September 2022:

1. Perhatikan Spesifikasi KendaraanCara pertama mengetahui jenis oli yang paling tepat adalah dengan memahami spesifikasi mobil. Semua informasi tentang kebutuhan pada mobil bisa didapatkan di buku manual mobil. Cara lain, konsultasi dengan mekanik bengkel untuk memilih oli mesin mobil yang tepat.

2. Pilih Oli BersertifikasiOli mesin mobil yang beredar di pasaran memenuhi standar terbaik yang dikeluarkan badan pengurus sertifikasi. Adapun beberapa jenis sertifikasi oli yang beredar saat ini antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO.

3. Perhatikan Tingkat Kekentalan OliOli mesin terbagi jadi beberapa tingkat kekentalan, yakni encer, sedang dan kental. Semua tingkat kekentalan oli memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Oli yang tingkat kekentalannya rendah cocok untuk melumasi bagian komponen mesin yang perlu perlindungan. Oli mesin encer bisa bekerja meski mesin dalam suhu rendah sekalipun. Sedangkan semakin kental oli, biasanya akan optimal fungsinya pada saat suhu mesin semakin tinggi. 

Baca: ips Pilih Oli Mesin Buat Mobil LCGC

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi