Tips Mudah Mengatasi Embun Pada Kaca Mobil Ketika Hujan
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 11 September 2022 13:02 WIB
Ilustrasi mengemudi di saat hujan (ADM)

GOOTO.COM, Jakarta - Saat musim hujan, kaca mobil kerap kali berembun. Embun yang menempel pada kaca ini dapat berbahaya bagi pengendara karena jarak pandang menjadi berkurang. Akan lebih berbahaya lagi jika berkendara di malam hari dan minim penerangan jalan.

Kaca mobil berembun dapat terjadi karena terdapat masalah dengan suhu kabin kendaraan Anda. Hujan dengan intensitas tinggi menimbulkan kelembapan udara di luar kabin yang cukup tinggi. Hal itu membuat perbedaan temperatur antara kabin dan temperatur di luar berbeda yang membuat kaca mobil berembun.

Berikut cara mengatasi kaca berembun, dilansir dari Carsome hari ini, Minggu, 11 September 2022:

  1. Turunkan temperatur dalam mobil

Embun timbul karena adanya perbedaan suhu antara di dalam dan luar mobil. Untuk itu, langkah yang dapat Anda lakukan saat embun terbentuk adalah menurunkan temperatur di dalam mobil, sehingga kondensasi berkurang. Atur temperatur kipas yang paling tinggi supaya peredaran udara dapat lebih optimal.

  1. Menggunakan fitur Defrost/Defogger

Mobil biasanya dibekali dengan fitur defrost/defogger. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan embun. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung dari dashboard. Jika embun berada di jendela belakang mobil, maka Anda dapat memakai fitur defogger.

  1. Resirkulasi udara dalam mobil

Hal ini salah satu cara untuk mengatasi kaca mobil berembun dengan cara menekan tombol resirkulasi. Dengan mengaktifkan fungsi ini, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara tanpa mengubah temperatur. Dengan begitu, akan mencegah terjadinya perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun.

  1. Menyalakan AC dan wiper

Embun juga dapat terjadi jika udara di luar panas sedangkan temperatur di dalam mobil dingin. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengurangi temperatur AC dan juga menerapkan wiper dalam untuk menyeka embun-embun yang terbentuk. Pastikan penggunaan wiper dengan pelan agar tidak menganggu pernglihatan Anda.

  1. Membuka jendela

Cara yang paling cepat dan mudah untuk menghilangkan embun adalah dengan membuka jendela. Bukalah jendela sampai embun menghilang. Setelahnya, tutup kembali supaya AC di dalam mobil dapat kembali terasa.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi embun pada mobil ketika hujan.

Baca juga: 4 Penyebab Kaca Mobil Berembun dan Tips Menghindarinya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Embun
#Kaca Berembun
#Tips Merawat Mobil
#AC Mobil
#Wiper

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi