Kenali Penyebab Mesin Overheat Alias Mobil Cepat Panas
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Senin, 12 September 2022 12:03 WIB
Mesin overheat

GOOTO.COM, Jakarta - Overheat merupakan kondisi mesin mobil berada pada temperatur tinggi akibat kehabisan cairan pendingin atau terjadi masalah pada komponen sistem pendingin. Mesin overheat dapat menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya.

Maka pengendara mobil perlu mengetahui penyebab mesin mobil overheat atai cepat panas. Berikut penyebab mesin overheat, dilansir dari laman Auto2000 hari ini Senin, 12 September 2022:

Kerusakan RadiatorRusaknya radiator mobil merupakan salah satu penyebab mesin mobil cepat panas. Fungsi radiator mobil untuk menjaga agar suhu mesin kendaraan  tetap stabil. Bocornya selang air radiator juga menjadi penyebab mesin overheat.

Penggunaan Oli Tidak Sesuai StandarOli mesin mobil dengan kualitas buruk cenderung tidak tahan pana, sehingga cepat menguap. Hal ini menyebabkan mesin mobil mengalami gesekan yang kuat dan berakibat kondisi mesin mobil kepanasan. Jangan sampai tertarik dengan harga oli mesin mobil yang murah.

Tidak Berfungsinya ThermostatFungsi thermostat untuk bekerjasama dengan radiator mobil dalam mengukur suhu mesin. Saat suhu rendah, thermostat mengatur air tidak meninggalkan radiator. Sedangkan saat suhu tinggi, thermostat memerintahkan air agar masuk ke dalam mesin.

Jika thermostat terganggu, tidak ada lagi yang mengatur masuk keluarnya air dari radiator ke mesin mobil sehingga mesin akan cepat panas.

Kipas Pendingin Tidak BerfungsiKipas pendingin berfungsi menyedot udara dingin dari luar. Jika kipas rusak, udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil sehingga mesin akan lebih mudah panas. Hal yang menyebabkan kipas tidak berfungsi adalah dinamo dan pemasangan kipas yang terbalik.

Baca: Mesin Overheat, 3 Kondisi Ini yang Bakal Menimpa Mobil

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Mesin Overheat
#Mengatasi Mesin Overheat
#Auto2000
#mesin mobil
#Kipas Radiator
#Kipas Radiator Mobil
#Radiator
#Overheat

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi