Penyebab Mobil Distarter Tidak Hidup, Bisa Karena Busi Atau yang Lain
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Jobpie Sugiharto
Senin, 12 September 2022 12:47 WIB
Ilustrasi kunci mobil. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jika mobil distarter tidak hidup, jangan buru-buru stres. Penyebab mobil tidak mau hidup saat distarter biasanya karena aki mulai usang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski begitu, ada penyebab lain mobil distarter tidak hidup. Berikut penjelasan Auto2000 yang dikutip hariini, Senin, 12 September 2022:

1. Busi Mobil KotorBusi adalah komponen penting dalam proses starter mobil. Jika busi kotor dapat menyebabkan mobil distarter tidak hidup. Debu dan kotoran dapat menghampat percikan bunga api ketika starter dijalankan. Harus rutin melakukan pembersihan pada busi untuk mencegah kotoran menempel. Namun bisa juga kondisi busi mobil dalam kondisi tidak baik sehingga mobil susah dinyalakan.Ganti busi mobil dengan yang baru.

2. Aliran BBM Tidak LancarAgar bisa menyala, mesin mobil membutuhkan bahan bakar yang dialirkan dari tanki mesin. Jika aliran BBM dari tanki tidak sempurna, mesin mobil tidak dapat menyala. Untuk mengatasi aliran BBM yang terhambat, bersihkan tanki, filter, dan needle valve.

3. Dinamo RusakDinamo adalah komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki mobil. Jika rusak atau bermasalah maka akan membuat mobil distarter tidak hidup. Komponen ini tidak gampang rusak sehingga jika performanya menurun penyebabnya adalah usia pakai.

4. Koil PanasKoil berfungsi menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar ke aki mobil. Koil terlalu panas dapat menyebabkan starter mobil bermasalah atau mobil distarter tidak hidup. Lakukan pengecekan dan penggantian di bengkel.

Bacaotomotif.tempo.co › read › 13982724 Penyebab Mobil Berbunyi Aneh dan Sulit Distarter

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto..

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi