Tips Berkendara Agar Hemat Bensin di Tengah Kenaikan Harga BBM
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 5 Oktober 2022 17:00 WIB
Ilustrasi wanita sedang berkendara. shutterstock.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Indonesia secara resmi menaikkan harga BBM sejak 3 September 2022. Kondisi ini membuat pengemudi wajib mengetahui bagaimana tips berkendara agar hemat bensin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Kenaikan harga bensin membuat AutoFamily harus menghitung biaya operasional mobil. Selain berupaya menghemat konsumsi bensin dengan melakukan solusi yang kami sampaikan,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara.

Setiap pengendara nyatanya memiliki cara mudah untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM) kendaraannya. Berikut redaksi Gooto.com merangkum beberapa tips berkendara agar hemat bensin, dilansir dari Auto2000:

  1. Servis Berkala

Tips yang harus dilakukan melakukan servis berkala di bengkel resmi. Dengan begitu, performa mobil Anda bakal terjaga dan selalu optimal. Teknisi yang sudah kompeten di bengkel resmi itu nantinya bakal memeriksa komponen dengan baik, sehingga membuat mobil bekerja efisien.

  1. Pakai Peta Digital

Selanjutnya pengendara juga bisa memanfaatkan peta digital saat sedang berkendara. Peta digital ini berfungsi untuk menemukan rute tercepat ke tujuan Anda, sehingag tidak memakan waktu perjalanan. Dengan begitu, konsumsi BBM pun bakal lebih hemat.

  1. Perhatikan Waktu Perjalanan

Tips ketiga, pengendara juga disarankan untuk memperhatikan waktu perjalanan. Setidaknya Anda harus mengetahui jam sibuk di rute yang ingin dilewati. Mengatur waktu perjalanan ini juga dapat membuat pengendara tidak terburu-buru, sehingga bisa berkendara dengan santai tanpa menarik gas secara full.

  1. Atur Muatan Mobil

Pengemudi juga diminta untuk mengatur muatan mobil sebelum berkendara. Pastikan jika Anda tidak membawa penumpang atau barang yang melampaui batas. Pasalnya, beban berlebih akan membuat mesin bekerja lebih ekstra sehingga memakan BBM lebih banyak.

  1. Manfaatkan Fitur Kendaraan

Saat ini sudah cukup banyak mobil yang menyematkan fitur canggih, seperti Eco Mode. Dengan fitur tersebut, mobil bakal mengonsumsi BBM secara irit. Selanjutnya ada juga Eco indicator di panel instrumen yang memberitahu apakah cara berkendara Anda sudah efisien atau belum. Selain itu transmisi otomatis modern juga memiliki manajemen ECU yang sangat optimal dalam menjadi konsumsi BBM.

Baca Juga: Tips Rotasi Ban Mobil Agar Keselamatan Berkendara Terjaga

AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi