Yang Baru Pada Lexus All New RX 350  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 11 Maret 2009 18:12 WIB
Peluncuran Lexus RX 350 di Lexus gallery, Jakarta, Rabu (11/03). Versi terbaru ini memiliki dimensi lebih besar dengan ruang lebih lega yang saat ini dijual seharga Rp 1,1 miliar dan kemungkinan akan naik pada bulan mendatang hingga Rp 1,2 miliar kar
TEMPO Interaktif, Jakarta : Lexus, produsen mobil mewah milik Toyota Motor Corporation meluncurkan sebuah varian modifikasi mobil sportnya yaitu RX 350 yang tahun ini diberi nama All New RX 350. Sebuah mobil sport ala jeep atau berpenggerak empat roda namun dengan kenyamanan sekelas sedan. Karena seperti diketahui, pada kelas jeep ada jenis off-road murni dan off-road nyaman, alias mewah.

Versi baru ini menurut Manajer Umum Penjualan Toyota dan Lexus, Jodjana Jody bahkan benar-benar merupakan perubahan total dari versi sebelumnya. Ada perubahan pada jumlah transmisi kecepatan namun tidak perubahan pada chasis mobil.

“Transmisi yang baru ini terdiri dari enam kecepatan, kalau yang lama lima,” tutur Jodjana sambil mengajak wartawan mengamati mobil ini. Tongkat persnelingnya seperti menyatu dengan dashbor depan, di bawah perangkat audio, bukan pada console lantai kendaraan di sisi pengemudi. “Semua varian automatic,” tambah Jodjana lagi.

Pada sistem starter dan pengamanan, Lexus membuat tombol starter sebagai pengganti kunci, “Menyalakan mobil tidak lagi menggunakan kunci tapi push-button, dan mobil dibuka atau dikunci dengan kartu elektronis,” kata Jodjana.

Keamanan saat berkendara juga meningkat dengan teknologi clearance dan sensor bagian belakang yang menurut Jodjana belum ada pada versi sebelumnya, “Jadi yang baru ini punya sensor di bagian belakang untuk memberi peringatan soal benda di sekitar mobil pada jarak 40 centimeter,” kata Jodjana.

Kemudian ada peningkatan sistem pengendali kemudi dan kecepatan. Sistem yang baru menurut Jodjana mengatur suspensi, kecepatan, serta keseimbangan mobil saat bergerak terutama bermanuver. Sedangkan sistem yang lama hanya mengatur suspensi. Kedua sitem itu dikendalikan oleh komputer.

Lexus juga menambah kenyamanan berkendara pada medan menanjak dengan sistem Hill Start Assistance System. Teknologi itu mencegah mobil bergerak turun pada medan menanjak. “Tidak perlu injak rem seperti pada versi lama jelas Jodjana.

Semua modifikasi itu masih ditambah perubahan pada bagian-bagian lain seperti lampu, bagasi, velg, serta kenyamanan kursi pengemudi dan penumpang.

Lalu berapa harga untuk semua tambahan teknologi itu? “Rp 1,1 miliar on the road," kata Jodjana, naik hampir Rp 200 jutaan dibanding versi sebelumnya.

RONALD

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi