5 Tips Merawat Sepeda Motor di Musim Hujan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Rabu, 12 Oktober 2022 06:00 WIB
Seorang pria mendorong sepeda motor menerobos banjir di kawasan Tendean akibat curah hujan yang turun terus menerus, Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022. Menurut keterangan warga, banjir mulai pukul 16.00 WIB hingga dini hari belum surut sehingga menyebabkan penumpukan kendaraan di kawasan tersebut. TEMPO/ Febri Angga Palguna
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memasuki musim hujan, para pengendara sepeda motor perlu memberikan perhatian khusus kepada kendaraannya. Kandungan asam pada air hujan bisa menyebabkan karat pada sejumlah komponen motor sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan.

Untuk melakukan perawatan sepeda motor di musim hujan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, mulai sering mencuci motor setelah terkena air hujan hingga mengecek sejumlah komponen, seperti busi dan rantai.

Berikut tips merawat motor saat musim hujan, dilansir dari laman astramotor.co.id hari ini, Rabu, 12 Oktober 2022.

1. Sering Cuci Motor Setelah Terkena HujanMencuci motor setelah terkena hujan hukumnya adalah wajib. Hal ini agar kandungan asam yang terdapat pada motor dapat dihilangkan. Selain itu, lumpur atau kotoran lain ketika hujan juga akan dapat bersih setelah dicuci.

Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa mencuci sepeda motor setelah terkena hujan, apalagi di musim hujan adalah perbuatan yang sia-sia karena besok juga akan terkena hujan lagi. Hal ini adalah berbahaya karena dapat menyebabkan komponen besi pada motor menjadi berkarat dan rapuh sehingga cepat rusak.

2. Periksa Permukaan dan Tekanan Angin BanTips merawat motor selanjutnya adalah angin ban motor yang kurang akan menyebabkan ban cepat bocor apabila sering terkena genangan air. Kondisi ban yang sudah halus juga akan menyebabkan Anda kesulitan mengendalikan motor ketika hujan karena licin. Karena itu, periksalah kondisi ban motor dan pastikan selalu dalam keadaan prima.

3. Cek Busi Busi adalah komponen terpenting pada sepeda motor karena pengapian pertama kali terjadi di busi. Ketika hujan, motor yang sering mogok juga sering disebabkan oleh kondisi busi yang basah. Karena itu, perlu memastikan busi motor tetap kering dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi dan mengelap busi beserta kabelnya sampai benar-benar kering.

4. Cek dan Bersihkan Kampas RemHujan dapat menyebabkan kampas rem motor mengembang sehingga ketika pengendara melakukan pengereman akan mendengar suara berdecit yang tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini dapat diatasi dengan menyemprotkan air ke kampas rem agar kotoran hilang. Lakukan pengereman beberapa kali agar kampas rem motor kering dan suara berdecit akan hilang.

5. Cek Kondisi RantaiBagi pengguna sepeda motor bebek atau sport, rantai sebagai penggerak motor harus dicek dan dirawat. Letak rem motor di bawah sering terkena air sehingga bisa membuat rantai motor cepat kehilangan pelumas dan berkarat.

Segera semprotkan air kran pada rantai setelah kehujanan dan memberinya pelumas agar menambah umur pakai rantai motor. Demikian tips merawat motor di musim hujan.

Baca: Inilah 5 Komponen Motor yang Sering Rusak saat Musim Hujan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi