Honda dan LG Kerjasama Bikin Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Ohio
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 14 Oktober 2022 07:33 WIB
Honda
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda Motor Co., Ltd., dan LG Energy Solution mengumumkan kerjasama untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik Honda di Fayette County, Ohio, Amerika Serikat. Pabrik ini dibangun dengan nilai investasi sebesar US$ 3,5 miliar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pabrik baterai baru ini ditargetkan bisa memproduksi baterai sebanyak 40 GWh setiap tahunnya. Selain itu, pabrik baterai Honda ini juga diklaim bisa menyerap sekitar 2.200 tenaga kerja di kota Fayette County dan sekitarnya.

"Kami secara khusus berterima kasih kepada para pejabat di Negara Bagian Ohio, khususnya Fayette County, Jefferson Township, Jeffersonville serta Washington Court House yang telah menyambut baik proposal kerjasama antara Honda dan juga LG Energy Solution," kata Executive Vice President American Honda Motor Co., Inc., Bob Nelson dalam siaran pers yang diterima Tempo.

Honda dan LG sendiri telah meresmikan kerjasama produksi baterai kendaraan listrik pada akhir Agustus lalu. Pabrik ini akan memproduksi jenis baterai pouch-type yang akan disuplai untuk pabrik perakitan kendaraan listrik Honda di kawasan Amerika Utara.

Pabrik tersebut akan mulai dibangun pada awal tahun depan dengan target produksi massal advanced Lithium-ion battery cells pada akhir tahun 2025.

"Komitmen kami adalah menghasilkan produk dengan kualitas tinggi bersama Honda. Tidak hanya itu, kami juga bersama-sama menciptakan lapangan pekerjaan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak," ujar Executive Vice President of Advanced Automotive Battery Division LG Energy Solution, Dong-Myung Kim.

Honda telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil listrik pada 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit tiap tahunnya. Langkah ini dilakukan untuk mencapai target netralitas karbon di semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada tahun 2050.

Baca juga: Honda dan Sony Kolaborasi Bikin Mobil Listrik, Dijual Mulai 2025

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi