Tips Parkir Paralel , Pengendara Mobil Harus Tahu
Reporter: magang_merdeka
Editor: Jobpie Sugiharto
Kamis, 27 Oktober 2022 16:39 WIB
Ilustrasi parkir mobil paralel. Pixabay
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Memiliki mobil bukan hanya harus pandai menjalankannya,  tapi juga harus bisa melakukan parkir di berbagai kondisi. Terlebih parkir paralel yang terkadang membuat bingung pengendara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara parkir mobil secara paralel memang sulit bagi pengendara mobil pemula. Namun hal ini tetap bisa dilakukan jika kita mengetahui tata caranya yang benar. Agar bisa parkir paralel dengan rapi, pengendara mobil wajib memperhatikan bagaimana cara memegang setir yang benar.

Berikut tips parkir paralel mobil secara paralel bagi pengendara mobil mengutip Auto2000, hari ini, Kamis, 27 Oktober 2022.

1. Sejajarkan mobil dengan area parkirStep pertama untuk parkir paralel yang harus diperhatikan adalah meluruskan dan menyejajarkan mobil dengan kendaraan lain yang sudah terparkir. Lalu posisikan mobil sejajar dengan jarak setengah meter. Selanjutnya pindahkan persneling ke posisi mundur dan putar kemudi ke arah kanan hingga mentok.

2. Mundurkan mobil 45 derajatSetelah melewati step pertama, kemudian mundur perlahan membentuk sudut 45 derajat. Untuk mengetahui apakah sudut kemiringan sudah tepat, perhatikan kaca spion sebelah kiri saat memundurkan mobil sampai terlihat bagian tengah hingga belakang mobil.

3. Meluruskan setir mobilJika sudah tepat membentuk sudut 45 derajat, meluruskan posisi roda dengan memutar setir mobil lalu mundurkan secara perlahan.

4. Perhatikan Posisi MobilSaat mundur perlahan, perhatikan posisi mobil melalui kaca spion atau kamera head unit. Apabila sudah sejajar dengan bagian belakang mobil, maka pengemudi bisa berhenti

5. Putar setir penuh ke kiriSetelah mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang terparkir, selanjutnya putar penuh setir ke kiri. Lalu mundurkan mobil secara perlahan hingga seluruh bodi mobil masuk ke area paralel yang disediakan.

6. Luruskan roda depanTerakhir tips parkir paralel atau parkir mobil secara paralel, aturlah kembali posisi setir untuk meluruskan roda saat seluruh bodi mobil sudah sejajar dengan kendaraan depan. Jika masih belum pas, maka putar kembali setir ke arah kanan secukupnya dan posisikan mobi hingga sejajar.

KHOLIS KURNIA WATI | AUTO2000| JOBPIE

Baca: Mudahnya Parkir dengan New Peugeot 5008 

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi