Pabrik Motor AHM di Karawang Pakai Sumber Listrik Solar Panel
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Kamis, 27 Oktober 2022 18:08 WIB
Panel pembangkit listrik tenaga surya.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pabrik motor Astra Honda Motor atau AHM di Karawang, Jawa Barat, sudah menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari solar panel yang terpasang di atap pabriknya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kapasitas listrik pada solar panel tersebut mencapai 8.760 kWp.

Menurut GM General Affairs AHM Merry Heryana seluruh daya yang dihasilkan solar panel tersebut akan disalurkan dan digunakan untuk kegiatan produksi dan penunjang produksi. Pemasangan solar panel ini bagian dari upaya perusahaan mengimplementasikan prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) pada berbagai aktivitas perusahaan.

"Kami terus berupaya dan berinovasi dalam melakukan pemanfaatan energi terbarukan untuk mengimplementasikan ESG dan merealisasikan program Sustainability Development Goals (SDGs)," kata Merry, dikutip dari Antara hari ini, Kamis, 27 Oktober 2022.

AHM telah memasang solar panel sejak 2014 di pabrik motor. Saat ini sudah ada 18.270 modul yang terpasang di pabrik sepeda motor mereka di Karawang, Pabrik AHM Cikarang, serta AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.

Solar panel tersebut memiliki kapasitas 8.760 kWp yang mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 9.477.077 kWh per tahun. Penggunaan listrik sebesar itu mampu mengurangi emisi CO2 sebanyak 8.246 ton per tahun.

Solar panel atau panel surya yang digunakan AHM jenis On Grid dengan sistem photovoltaic. Sistem tersebut mampu mentransformasi sinar matahari menjadi energi listrik, dan energi listrik yang dihasilkan akan disalurkan secara paralel dan disinkronisasi ke berbagai aktivitas perusahaan yang membutuhkan energi listrik.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA | JOBPIE

Baca: AHM Bakal Luncurkan Motor Listrik Baru Akhir Tahun 2022, Honda U-Go?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi