Tarif SPKLU di Mataram Cukup Pakai Koin Rp 500
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 28 Oktober 2022 18:00 WIB
Tiga pilihan gun pengisi daya baterai mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum milik PLN di Gambir, Jakarta Pusat. 9 Desember 2020. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram, Nusa Tenggara Barat, ikut memudahkan masyarakat yang memiliki kendaraan listrik. Mereka menyiapkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dengan hanya menggunakan koin Rp 500.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Manager PLN UP3 Mataram, Wiedhyarno Arief. Dirinya menjelaskan bahwa fasilitas pengisian daya kendaraan listrik tersebut diberi nama Cak Kolis, atau akronim dari charger kendaraan dengan koin listrik.

"Cukup dengan koin Rp 500, maka konsumen bisa mengisi daya selama 15 menit dan Rp 1.000 untuk 30 menit. Sangat terjangkau bagi semua kalangan pastinya," kata dia seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara.

Lebih lanjut Arief menyebut pengisian daya kendaraan listrik ini merupakan hasil karya tim innovator PLN UP3 Mataram. SPKLU tersebut, kata dia, berkolaborasi dengan usaha kecil menengah lokal. SPKLU Cak Kolis ini diketahui mennggunakan tenaga sebesar 450 volt ampere (VA).

"Mekanisme kerjanya adalah dengan cara memasukkan uang koin, dan masyarakat bisa langsung men-charge kendaraan listriknya," ujar dia menjelaskan.

Proses pengisian dayanya pun juga diklaim sangat mudah. Pengguna kendaraan listrik nantinya hanya tinggal memasukkan koin, lalu memasang kepala steker pada stok kontrak yang sudah disiapkan. Setelah itu proses charger pun langsung berjalan.

Apabila pengguna motor listrik ingin menambah pengisian daya lagi, maka mereka bisa memasukkan koin tambahan 10 detik sebelum pengisian awal habis. Nantinya informasi itu bisa dilihat di sebuah layar LCD.

"Cak Kolis ini juga tidak hanya bisa mengisi daya motor listrik. Perangkat elektronik seperti hand phone, blender juga bisa diisi dayanya. Jadi pedagang kaki lima pun juga akan bisa merasakan kemudahannya," ucapnya.

Baca Juga: 208 SPKLU Bakal Dibangun PLN Jawa Barat pada 2023

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi