Cara Pasang Speaker Aktif Mobil, Jangan Asal-Asalan
Reporter: magang_merdeka
Editor: Jobpie Sugiharto
Rabu, 9 November 2022 08:15 WIB
Speaker aktif Venom. Sumber: Antara

GOOTO.COM, Jakarta - Setiap mobil tentunya dilengkapi dengan speaker. Tapi tidak sedikit yang memodifikasi speaker bawaan pabrikan dengan speaker aktif mobil. Tujuannya agar suara sound system lebih bagus dan jernih.

Speaker mobil ini merupakan yang berfungsi sebagai perangkat pendukung. Selain itu jenis speaker ini memiliki amplifier yang mampu beroperasi dengan menggunakan bantuan listrik.

Berikut cara memasang speaker aktif mobil dikutip dari Auto2000 hari ini, Rabu, 9 November 2022:.

Siapkan seluruh peralatan

Siapkan seluruh peralatan yang akan digunakan dalam memasang speaker aktif mobil atau sound system. Peralatan ini seperti power amplifier, subwoofer, obeng kembang, tang potong, pengupas kabel, kunci bintang, selotip hitam, pembuka listrik dan kunci sock T.

Pastikan kabel subwoofer amplifier pendek

Pastikan jarak kabel subwoofer amplifier memiliki ukuran yang pendek. Tujuannya ialah untuk mempermudah proses pemasangan. Sebaiknya memasang chasis mobil karena amplifier mengambil daya cukup besar. 

Hubungkan kabel remote dengan head unit, sekaligus kabel dengan aki mobil. Selanjutnya sambung head unit dengan power amplifier melalui output audio. Lalu power amplifier dihubungkan ke speaker dan subwoofer aktif. Lakukan dengan hati-hati agar perangkat sound system mobil terpasang dengan tepat.

Selaraskan head unit dengan power amplifier

Agar audio berjalan lancar, lakukan penyelarasan head unit dengan power amplifier menggunakan remote. jadi ketika head unit mati, maka power amplifier juga demikian. Pastikan seluruh kabel remote power amplifier telah terhubung sesuai dengan power control yang ada di head unit.

Pasang sekering dari aki mobil

Selanjutnya adalah pemasangan sekering agar speaker aktif mobil tidak terganggu oleh panas mesin mobil.

KHOLIS KURNIA WATI | AUTO2000 | JOBPIE

Baca: Koleksi Kendaraan Mewah Teddy Minahasa

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Speaker Aktif Mobil
#Speaker Aktif
#Speaker Mobil
#Sound System
#Auto2000
#Aki Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi