Bus Listrik Merah Putih UI Hadir di KTT G20, Bisa Jangkau 250 Km
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 17 November 2022 16:00 WIB
Mendikbudristek dan Menhub luncurkan bus listrik Merah Putih di Bali. Foto : Kemendikbud

GOOTO.COM, JakartaBus listrik Merah Putih Universitas Indonesia (UI) telah menjadi kendaraan operasional Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20. Kendaraan listrik ini bertugas untuk membantu mobilitas delegasi di Nusa Dua Bali.

Menurut Anggota Tim Pengawasan dan Pengendalian Bus Listrik di KTT G20, Azali, bus listrik Merah Putih UI ini dilengkapi dengan interior yang bagus dan rapi. Bahkan bagian deck-nya, kata dia, terkesan elegan.

"Bus Listrik Merah Putih UI sudah sangat top untuk G20 Indonesia. Ke depan, semoga UI bisa mempertahankan kualitas ini," kata Azali seperti dilansir Gooto.com dari situs berita Antara hari ini, Kamis, 17 November 2022.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K) menjelaskan bahwa bus listrik Merah Putih tersebut memiliki jangkauan maksimal hingga 250 km.

Kendaraan listrik ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam sampai dengan 2 jam dalam pengisian dayanya. Saat beroperasi, kata Nurtami, bus listrik Merah Putih UI ini melakukan pengisian daya di Pelindo, Pelabuhan Tanjung Benoa.

Penelitian Bus Listrik Merah Putih UI itu dilakukan oleh Research Center for Advanced Vehicle (RCAVe), Fakultas Teknik UI. Sedangkan untuk rancang bangun bus dilakukan oleh tim yang dikepalai Prof. Dr. Ir. Danardono AS, DEA.

Sementara sistem kelistrikan dirancang oleh tim yang diketuai Dr. Ir. Feri Yusivar, M.Eng. Selain itu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan Republik Indonesia berperan dalam memberikan dukungan pendanaan.

Ini merupakan satu-satunya bus yang rancang bangun platform chassis, sistem rem, sistem kendali, sistem penggerak, inverter, dashboard, dan sistem pendinginnya (air conditioning) dirancang mandiri oleh para ahli UI.

"UI akan lebih banyak lagi mendukung dan mendanai inovasi yang menyukseskan transisi energi berkelanjutan," kata drg. Nurtami dalam keterangannya, masih dilansir Gooto.com dari situs berita Antara.

Baca juga: Bus Listrik Merah Putih Dirilis, Hasil Riset Perguruan Tinggi Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Bus Listrik Merah Putih
#KTT G20
#UI
#bus listrik
#Universitas Indonesia

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi