5 Urutan Mengganti Ban Motor Sendiri, Jangan Sembarangan
Reporter: magang_merdeka
Editor: Jobpie Sugiharto
Jumat, 2 Desember 2022 08:03 WIB
Ilustrasi ban tubeless sepeda motor. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Ban mobil atau motor bocor bermasalah membuat pengemudi mobil dan motor kerepotan. Maka pengemudi wajib mengecek ban motor sebelum melakukan perjalanan jauh.

Ban motor adalah komponen yang sangat penting sehingga harus dilakukan cek rutin, bahkan diganti secara berkala.

Ban depan dan belakang memiliki aturan pergantian yang berbeda. Ban motor depan pada umumnya harus diganti jika sudah menempuh jarak pemakaian 12.000 km. Sedangkan ban motor belakang 10.000 km.

Pergantian ban motor tidak harus dilakukan di bengkel. Pengendara motor juga bisa melakukannya sendiri asalkan tahu bagaimana teknik yang benar.

Berikut 5 cara mengganti ban motor sendiri, dikutip dari Wahanahonda hari ini, Jumat, 2 Desember 2022:

1. Sediakan peralatanPeralatan yang digunakan dalam mengganti ban tidak terlalu banyak. Hal ini juga memudahkan pengendara dalam mengganti ban motornya sendiri.

Peralatan yang dibutuhkan antara lain adalah ban motor, konfigurasi kunci ring ukuran  standar 14, 17, 19 dan 22, sendok ban, pentil, pompa udara dan obeng.

2. Lepas bagian luar banSelanjutnya lepas ban bagian luar. Pertama, standar tengah motor agar memudahkan dalam pergantian ban, lalu lepas baut menggunakan kunci 14 dan 19. Jika sudah terlepas longgarkan velg dengan kunci 12 dan lepas ban secara perlahan.

3. Keluarkan ban dalamPertama masukan obeng ke bibir ban, kemudian congkel bibir ban hingga velg keluar. Selanjutnya masukkan obeng kedua, lalu congkel lagi hingga ban keluar dari velg.

4. Pasang ban motor baruSelanjutnya adalah pemasangan ban baru pada motor. Pertama pastikan ban terpasang sesuai dengan arah perputaran ban dan rim line sejajar dengan velg. Agar pemasangan sempurna, lumasi velg dengan sabun dan pastikan ban dalam tidak terjepit agar ban tidak sobek.

5. Pompa ban motorLangkah terakhir adalah memompa ban motor. Pastikan tekanan angin telah sesuai. Biasanya tekanan angin ban FDR yakni 29 psi untuk ban depan dan 33 psi untuk ban belakang.

KHOLIS KURNIA WATI | WAHANAHONDA | JOBPIE

Baca: Kenali Arti Angka-angka di Ban Motor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Ban Motor
#Ban Mobil
#Ban dalam truk
#pompa
#Bengkel
#Pengemudi
#Pengemudi Motor
#Pengendara Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi