Jenson Button Raih Posisi Start Terdepan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 28 Maret 2009 15:28 WIB
TEMPO InteraktifMelbourne: Pembalap Inggris yang membela tim Brawn GP, Jenson Button, meraih posisi start terdepan pada Grand Prix Australia setelah menjadi yang tercepat pada kualifikasi di Albert Park, Australia, Sabtu (28/3). Rekan setim Button, Rubens Barrichello, akan menempati posisi kedua.

Prestasi Button dan Barrichello sekaligus menorehkan sejarah bagi Brawn sebagai tim pertama dalam 39 tahun terakhir yang meraih posisi start terdepan di aksi debutnya.

Button mencetak waktu tercepat 1 menit 26,202 detik dalam satu putaran. Sementara, Barrichello hanya terpaut 0,30 detik di belakang Button.

Ini merupakan posisi start terdepan keempat sepanjang karier Button. Dan ini merupakan posisi start terdepan pertama sejak Grand Prix Australia 2006. Padahal, Button sempat diragukan tampil di Formula Satu musim ini setelah tim Button sebelumnya, Honda, menyatakan mundur.

"Dari pembalap berstatus tanpa tim dan tanpa masa depan, sampai menjadi pembalap yang meraih start terdepan merupakan sesuatu yang luar biasa," ujar Button. "Ini merupakan momen yang hebat. Meski bukan yang paling penting di akhir pekan, ini merupakan awal yang bagus."

Posisi ketiga diraih pembalap Red Bull, Sebastian Vettel, disusul pembalap BMW Robert Kubica, dan pembalap Williams Nico Rosberg. Sedangkan juara bertahan Lewis Hamilton terpaksa melorot di posisi ke-15.

AP| KODRAT SETIAWAN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi